Tujuan dan Rencana Allah

Bacaan hari ini: Kolose 1:16
“…Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, …segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia…” (Kolose 1:16)

Kita sering mendengar sebuah pertanyaan yang ditanyakan sejumlah orang: “Apakah Allah itu ada? Jikalau Allah ada, apakah Dia memiliki tujuan dan rencana tentang dunia ini? Dari mana kita bisa tahu, jika Allah itu ada dan memiliki tujuan dan rencana terhadap dunia ini? Apakah maksudnya Allah menyatakan tujuan dan rencana-Nya ini?” Kita dapat menemukan jawaban dari pertanyaan ini dalam Kolose 1:16, “Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.”

Allah memiliki tujuan dan rencana-Nya atas apa yang ada dalam bumi ini. Seluruh tujuan dan rencana Allah atas dunia ciptaan-Nya serta isinya bermaksud untuk menyatakan kemuliaan-Nya. Pertanyaannya, siapa yang paling tepat untuk menyatakan kemuliaan Allah? Jawabnya: Yesus Kristus. Mengapa bisa demikian?

Perhatikan teks Kolose 1:16, “Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik peme-rintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.” Ada 3 preposisi yang dipakai di dalam ayat ini yang menunjukkan bahwa segala sesuatu diciptakan di dalam Kristus, di dalam arti diciptakan di dalam Pribadi dan Kuasa Kristus. Paulus ingin menunjukkan bahwa Kristus adalah agen di dalam penciptaan dunia ini dan segala yang ada di dalam-Nya. Tujuan argumentasi yang disampaikan oleh Paulus ini adalah untuk mematahkan argumentasi orang-orang Kolose yang sangat percaya dan mendewakan roh-roh yang berkuasa di angkasa dan selanjutnya untuk menyatakan kemuliaan Allah, di dalam dan melalui Yesus Kristus.

Sebab itu, kita yang telah dianugerahkan keselamatan dari Allah harus menyatakan kemuliaan Allah, di dalam Kristus, dengan cara kita percaya, setia, dan taat kepada-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s