Kehidupan Kristen yang Bertumbuh

Bacaan hari ini: 1 Tesalonika 1:1-10
“Sebab kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus…” (1 Tesalonika 1:3)

Kehidupan seorang Kristen yang bertumbuh tidaklah ditentukan dari seberapa banyak pengetahuan ataupun pemahamannya akan Injil, tetapi seberapa jauh Injil itu telah bekerja dan mengubah hidupnya. Injil ini juga yang telah menyelamatkan dan mengubah kehidupan jemaat Tesalonika. Hal ini terbukti dari kehidupan mereka yang memperlihatkan ciri-ciri kehidupan Kristen yang bertumbuh.

Pertama, adanya pekerjaan iman (ay. 3a, 6, 9b). Dalam ayat 3, Paulus bukan hanya memakai kata “iman,” tapi “pekerjaan iman.” Ini menunjukkan bahwa iman yang hidup di dalam jemaat Tesalonika adalah iman yang sangat aktif, bukan iman yang pasif.

Kedua, adanya usaha kasih (ay. 3b, 9a, c). Kata “kopos” yang dipakai ini, menunjukkan suatu pekerjaan yang sangat sulit, membutuhkan banyak tenaga untuk menyatakan kasih. Dalam bahasa Yunani, ada beberapa kata yang dipakai untuk mengungkapkan kasih. Namun dalam bagian ini, kata kasih yang dipakai adalah “agape,” yakni kasih yang dikenal dalam pemahaman untuk menyatakan kasih Allah: kasih yang tidak mencari keuntungan, kasih yang rela berkorban, kasih tanpa syarat. Kasih seperti inilah yang diperlihatkan jemaat Tesalonika di dalam menyambut kehadiran para rasul (ay.9a) dan juga dalam melayani Allah (ay. 9c).

Ketiga, adanya ketekunan dalam pengharapan (ay. 3c, 10). Dalam ayat 10, kita membaca bahwa jemaat Tesalonika percaya bahwa Tuhan Yesus yang telah dibangkitkan dari antara orang mati akan datang kembali untuk menyelamatkan mereka dari murka yang akan datang. Dalam ayat 3c, dikatakan bahwa mereka bertekun dalam pengharapan yang demikian. Pengharapan inilah yang membuat jemaat Tesalonika tetap mampu melakukan pekerjaan iman mereka, usaha kasih mereka dengan setia, sekalipun dalam penderitaan. Bagaimana dengan kita? Kita juga memiliki pengharapan yang sama. Pengharapan bahwa kelak Kristus akan datang kembali untuk memberikan kehidupan yang bahagia bersama Dia di surga.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s