Berdoa Bagi Bangsa dan Negara

Bacaan hari ini: 1 Timotius 2:1-4
“Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar,…” (1 Timotius 2:1-2)

Berdoa bagi bangsa dan negara adalah salah satu pokok doa syafaat yang kita panjatkan di hadapan Tuhan, baik itu dalam doa pribadi kita ataupun dalam persekutuan. Untuk apa? Tentu alasan yang paling mendasar adalah seperti yang Paulus nyatakan, karena Tuhan memang menghendaki kita mendoakan negara tempat kita tinggal (ay. 3). Alasan lain tentunya agar negara aman, pemerintah berjalan baik, dan kesejahteraan rakyat diperhatikan. Tapi apa alasan yang lebih dari itu, yang mengingatkan kita untuk selalu mendoakan bangsa dan negara kita?

Dalam ayat ke-2 dikatakan agar kita dapat hidup dengan tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Jadi, sebagai orang percaya, kita mendoakan bangsa dan negara adalah agar kita dapat hidup sebagai anak-anak Tuhan, yang dengan tenteram dan tenang menghidupi iman kita dan menyaksikannya kepada orang lain yang belum tentu seiman dengan kita. Lalu, bagaimana apabila situasi negara kita ternyata “kurang bersahabat” dengan iman kita? Jemaat Tuhan pada masa pelayanan Paulus adalah jemaat seperti demikian. Tetapi Paulus justru menuliskan perintah ini bagi mereka, sehingga ketika kita berada dalam situasi seperti mereka, maka kita tetap harus mendoakan bangsa dan negara kita agar kita tetap berani hidup dalam segala kesalehan dan kehormatan di dalam Tuhan Yesus.

Ayat ke-4 melanjutkannya yaitu agar kehidupan kita di dalam Tuhan itu akan menjadi kesaksian bagi orang di sekitar kita, yang melaluinya orang-orang itu dapat mengenal Kristus. Banyak kisah dalam kehidupan jemaat mula-mula tentang bagaimana kesaksian hidup mereka di tengah-tengah kesulitan, justru menjadi kesaksian akan Kristus yang membawa banyak orang datang dan percaya kepada Kristus. Selayaknyalah ketika kita hidup dalam situasi yang lebih baik dari mereka, kita tetap berani untuk menjadi saksi Tuhan melalui kehidupan kita, agar banyak orang boleh mengenal Kristus melalui kesaksian hidup kita. Bagaimana dengan kita? Apakah kita mau setia untuk berdoa dan bersaksi untuk bangsa ini?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s