Hormat kepada Sesama

Bacaan hari ini: 1 Timotius 5:1-8
“Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah… dengan penuh kemurnian.” (1 Timotius 5:1-2)

“Hormatilah orang lain!” Sikap inilah yang harusnya kita miliki ketika kita berelasi dengan sesama, baik itu di keluarga, tempat kerja, bahkan juga di gereja. Sikap saling menghormati akan menimbulkan penghargaan pada setiap manusia yang berujung pada kesejahteraan bersama.

Dalam perikop yang kita baca, Paulus mengingatkan muridnya, yaitu Timotius agar ia menghormati orang-orang yang ia gembalakan. Sebagai pemimpin muda, Paulus meminta Timotius untuk menghormati tiga macam orang di dalam gereja, yaitu orang-orang yang senior, janda, dan penatua-penatua. Mari kita melihatnya satu-persatu.

Pertama, Paulus mengingatkan Timotius untuk menghormati orang yang lebih senior di dalam gereja Tuhan. Ini bukan berarti bahwa Timotius tidak boleh menegur ketika mereka bersalah, namun menegur mereka dengan penuh hormat dan kemurnian. Kedua, Paulus mengingatkan Timotius untuk menghormati janda-janda yang baik. Kata “hormat” dalam bahasa aslinya memiliki makna “menghargai dan memberikan nilai tertentu yang pantas.” Janda-janda ini harus dihargai dan dipelihara oleh gereja dengan tujuan agar mereka memiliki kehidupan yang baik. Ketiga, Paulus meminta Timotius untuk memberikan dua kali rasa hormat kepada penatua karena merekalah yang membantu Timotius untuk menyampaikan firman Tuhan. “Hormat” diberikan kepada mereka, karena mereka bersama-sama dengan Timotius membawa kabar baik Tuhan dan hidup menjadi teladan bagi jemaat.

Bagaimana dengan kita? Sudah menjadi tugas kita lah di dalam gereja untuk menghormati ketiga orang ini. Mereka adalah orang yang senior, majelis, atau hamba Tuhan. Orang-orang inilah yang dipakai Tuhan untuk melayani kita, sehingga sudah sepatutnya kita menghormati dan juga menghargai mereka. Dengan menaati firman Tuhan ini, maka akan muncul sikap saling menghormati antara yang satu dengan lainnya. Dengan demikian “nama Tuhan” dan “gereja-Nya” akan dihormati orang lain juga. Honor them!!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s