Korban Perjanjian Lama dan Korban Kristus

Bacaan hari ini: Ibrani 10:11-14
“Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.” (Ibrani 10:14)

Lebih lanjut dalam bagian ini, kita dapat melihat perbandingan antara korban Kristus dan korban yang dipersembahkan oleh para imam di dalam Perjanjian Lama:

Pertama, eefektifitas persembahan korban. Di dalam bagian ini, Kitab Ibrani memberi gambaran tentang pelayanan persembahan korban yang dilakukan para imam dalam Perjanjian Lama. Pelayanan persembahan korban ini akan dilakukan berulang-ulang, apabila setiap umat Tuhan telah melakukan dosa. Persoalannya, apakah setiap pelayanan persembahan korban yang dilakukan oleh para imam, menjamin keselamatan dari umat Tuhan yang sudah berdosa? Jawabannya: Tidak. Mengapa? Ibrani 10:4 menjelaskan bahwa, “Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapus dosa.” Lebih lanjut, Ibrani 10:6 menulis: “kepada korban bakaran dan korban penghapus dosa, Engkau tidak berkenan.” Dari sini, kita dapat melihat bahwa yang paling penting yang dikehendaki Allah adalah darah korban Kristus. Karena satu kali Kristus mempersembahkan korban diri-Nya kepada Allah, maka umat-Nya telah memiliki jaminan yang pasti (bnd. ayat 14-18).

Kedua, jangkauan persembahan korban. Dalam Perjanjian Lama, para imam mempersembahankan korban untuk setiap perbuatan dosa yang telah dilakukan pada saat itu. Terbatas hanya pada saat itu. Dan hal itu akan dilakukan berulang-ulang, untuk setiap perbuatan dosa yang secara berulang, dilakukan. Namun berbeda dengan persembahan korban Kristus kepada Allah, sekali untuk selama-lamanya. Ini menunjukkan bahwa “persembahan korban yang telah dilakukan oleh Kristus itu bersifat kekal” (lih. ay. 12 dan 14).

Oleh karena itu, bukan hanya syukur yang dipanjatkan kepada Allah di dalam Kristus Yesus, melainkan lebih dari itu, kita sebagai umat percaya pada masa kini, dapat mempersembahkan hidup kita kepada Allah sebagai sebuah komitmen untuk hidup bagi-Nya, karena anugerah keselamatan yang telah dikaruniakan kepada kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s