Pandanglah kepada Yesus

Bacaan hari ini: Ibrani 12:1-3
“Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan,…” (Ibrani 12:2)

Seorang atlet yang siap berlomba dan ingin memperoleh mahkota kemenangan, ia harus tekun dan rajin melatih dirinya menghadapi perlombaan yang akan dijalaninya. Selain itu, ia juga harus melatih dan menguasai tubuh atau dirinya secara keseluruhan. Begitu juga semua beban mental dan psikis yang merintanginya untuk berlomba, haruslah ia tanggalkan; jika tidak, ia tidak akan menjadi pemenang. Karena semua rintangan tersebut akan menjadi penghalang baginya untuk memperoleh mahkota kemenangan.

Sebagai orang percaya, sesungguhnya kita sedang berada di dalam arena perlombaan iman. Kita semua sedang berlomba dalam perlombaan iman yang diwajibkan bagi kita (ayat 1). Jika ingin menang, sebagaimana seorang atlet, kita pun harus bertekun dan melatih iman kita. Kita harus berani melawan kecenderungan-kecenderungan kedagingan kita, yang bertentangan dengan kehendak-Nya. Kita juga harus berusaha sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin, agar semua perbuatan dan perilaku kita benar-benar sesuai dan tidak bertentangan dengan tuntutan iman kita, yakni hidup dalam kebenaran dan kasih Allah.

Begitu juga, apabila ada beban dan dosa yang begitu merintangi kita, marilah kita tanggalkan semua itu. Segala kecemaran, keinginan daging, ketidaktaatan dan hal lain yang dapat melemahkan, bahkan menghalangi kita dalam perlombaan iman ini, haruslah kita tanggalkan, dan marilah kita melakukan perlombaan iman ini dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan (ay. 2).

Dengan senantiasa memandang kepada Tuhan kita Yesus Kristus, kita akan memperoleh kekuatan, pertolongan, pimpinan dan sukacita dalam menjalani perlombaan iman ini. Semua itu akan membawa kita menjadi pemenang dan kita akan memperoleh mahkota kemenangan yang telah disiapkan bagi kita. Pertanyaannya, sudahkah Anda mempersiapkan diri dalam mengikuti perlombaan iman yang diwajibkan bagi kita ini?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s