Jangan Memandang Muka

Bacaan hari ini: Yakobus 2:1-13
“… janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka” (Yakobus 2:1)

Pada umumnya, setiap manusia sangat suka dihormati atau diberi tempat yang terhormat bagi dirinya. Apalagi hal-hal tersebut terkait dengan kedudukan atau jabatan yang dimilikinya. Banyak orang yang memiliki kedudukan, minta untuk dihormati. Oleh sebab itu, godaan yang terbesar adalah, kita mulai memandang muka (memberi rasa hormat yang berlebihan) kepada orang-orang tersebut (yang memiliki kedudukan).

Rasul Yakobus menasihatkan setiap anak Tuhan untuk berhati-hati, agar kita tidak membeda-bedakan (memandang muka) orang, khususnya dalam pertemuan ibadah. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, yaitu:

Pertama, jangan memandang muka. Rasul Yakobus membandingkan dengan perspektif Allah, yang memandang manusia yang miskin, namun demikian, Allah sangat memperhatikan dan mengasihi mereka. Allah tidak memandang manusia berdasarkan apa yang mereka miliki, tapi siapa diri mereka. Mereka adalah manusia yang berdosa, yang membutuhkan belas kasihan-Nya. Kedua, kesungguhan hati melakukan hukum Tuhan. Rasul Yakobus mendorong setiap kita untuk menaati hukum Allah seutuhnya, bukan menaati menurut apa yang kita inginkan. Kesalahan banyak orang Kristen adalah mengutamakan yang lain, tapi juga mengabaikan satunya. Seharusnya, setiap orang Kristen punya hati yang sungguh-sungguh untuk menaati seluruh hukum Allah, bukan sebagian saja. Ketiga, miliki hati yang penuh belas kasihan. Pemahaman tentang penghakiman terakhir tidak mungkin meluputkan diri kita hukuman dosa, tapi Allah melalui Kristus telah berbelas kasihan untuk menyelamatkan mereka yang percaya. Teladan Allah memperlakukan diri manusia yang berdosa merupakan teladan yang harus diteladani dengan baik dan benar.

Bagaimana dengan kita hari ini? Apa yang menjadi fokus utama, ketika kita membangun sebuah relasi dengan sesama kita? Dengan perspektif Allah, atau memandang muka? Marilah kita membangun relasi kita dengan perspektif Allah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s