Respons Orang Kristen Terhadap Pencobaan

Bacaan hari ini: Yakobus 5:7-11
“Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan!” (Yakobus 5:7)

Kita tahu, bahwa tidak semua jemaat mula-mula adalah orang yang berlebihan secara finansial. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang sederhana; bahkan tergolong “budak.” Mereka adalah orang-orang yang sering mengalami ketidakadilan dari para tuan tanah, tempat mereka bekerja. Sikap-sikap tuan tanah ini tentu saja merugikan mereka dan membuat mereka menderita.

Melihat realita semacam ini mendorong Yakobus untuk memperingati (mengutuk) mereka, bahwa orang-orang semacam ini, akan menerima murka Allah (ps. 5:1), dan segala kekayaan mereka tidak akan sanggup menolong mereka; sebab Allah itu adil dan mendengar teriakan umat-Nya yang berseru kepada-Nya (ps. 5:2-6).

Selain Yakobus menegur dengan keras mereka yang menindas orang yang lemah, ia juga memberikan kekuatan dan penghiburan kepada jemaat yang sedang menderita, bahwa mereka harus bersabar, sama seperti seorang petani yang menantikan hujan musim gugur, dan tidak perlu saling mempersalahkan, karena Allah adalah Hakim yang adil (ay. 7-9). Kita lihat, karena penderitaan yang mereka alami, mereka kemudian mulai mengira-ngira bahwa penderitaan itu mungkin saja disebabkan karena kesalahan salah satu dari rekan dalam bekerja, sehingga upah mereka tertahan dan tidak dibayarkan. Maka dari itu, Yakobus mengingatkan mereka, bahwa saling mempersalahkan semacam itu sesungguhnya tidak perlu terjadi, apalagi hal itu belum jelas kebenarannya. Kesabaran adalah kunci untuk menghadapi situasi yang sulit, dan kesabaran merupakan sikap orang yang beriman kepada Tuhan, sama seperti Ayub yang bertekun dalam penderitaannya (ay. 10-11). Bagaimana dengan kita?

Jika merasakan ketidakadilan, hak dirampas, dan tidak diperlakukan dengan semestinya, janganlah kita menggunakan cara-cara kekerasan. Bersabarlah dan percayalah bahwa Tuhan, Hakim yang agung itu akan bertindak adil kepada mereka yang berbuat jahat, baik itu melalui aparat penegak hukum, atau hukuman-Nya diberikan secara langsung.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s