Antikristus

Bacaan hari ini: 1 Yohanes 5:13-21
“Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.” (2 Yohanes 1:7)

Meskipun sudah dua ribu tahun yang lalu, berita kebenaran Firman Tuhan tidak akan berlalu, bahkan gejala-gejala antikristus semakin nyata dalam kehidupan kita saat ini. Antikristus yang dimaksudkan adalah sikap yang menentang keras atau sikap melawan kuasa Allah dan keberadaan Kristus. Ada yang terang-terangan menolak dogma kekristenan tentang Kristus adalah Tuhan Allah; namun ada juga yang tidak langsung membantah keberadaan Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Sikap dan gejala antikristus dalam surat Yohanes ini sebenarnya sudah merajalela, bahkan masuk ke rumah-rumah, sehingga Yohanes mengingatkan dengan tegas jangan sampai disesatkan.

Penyesat bermunculan. Ada indikasi penyesat-penyesat telah muncul dan membahayakan iman kekristenan yang murni. Dikatakan: “Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus.” Demikian juga telah disebutkan dalam 1Yoh. 2:22, “Siapakah pendusta itu? Bukankah dia yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Dia itu adalah antikristus, yaitu dia yang menyangkal baik Bapa maupun Anak.” Di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini, manusia semakin tidak percaya Tuhan, apalagi menerima keberadaan dan percaya Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat. Bagi mereka hal ini tidak logis, tidak ilmiah, tidak masuk akal, bahkan ini hanya pembohongan publik lewat kekristenan. Termasuk sikap penganut agama-agama besar di dunia ini, mereka menertawakan dan mengejek kekristenan dengan mengatakan Allah orang Kristen punya anak, penolakan ini akan semakin hebat hingga kedatangan Kristus nanti.

Waspadalah! Demikian Yohanes mengingatkan, jangan sampai kita kehilangan iman yang sejati kepada Yesus Kristus, yang telah datang ke dunia sebagai manusia, Tuhan dan Juruselamat. “Jikalau seorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s