Peringatan untuk Menjaga Iman

Bacaan hari ini: Yudas 1:1-25
“Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.” (Yudas 1:20)

Surat ini ditulis Yudas, saudara Tuhan Yesus, yang menyebut dirinya sebagai saudara Yakobus (bdk. Mark. 6:3) dan ditujukan secara umum kepada orang-orang terpanggil, orang-orang percaya yang hidup dalam kasih Allah dan dipelihara oleh atau di dalam (terjemahan yang lebih tepat) Yesus Kristus. Kata “terpanggil” ini mempunyai arti “dipanggil untuk suatu tugas/tanggung jawab,” panggilan untuk menghadiri suatu pengadilan. Orang Kristen adalah orang yang dipanggil untuk menjalani kehidupan yang penuh tanggung jawab, bukan karena paksaan, tetapi karena telah dikasihi Allah. Orang yang seperti itu tidak pernah hidup dalam kesendirian, karena Tuhan menyertai dan memelihara hidupnya.

Mereka adalah orang-orang yang punya status dan hubungan luar biasa dengan Tuhan, sekaligus menempatkan dirinya menjadi objek dan sasaran musuh. Orang Kristen adalah musuh dunia, musuh Iblis. Orang Kristen adalah sasaran utama untuk diserang dengan tujuan untuk merusak hubungannya dengan Kristus. Salah satu musuh yang tersamar adalah mereka yang datang dengan “jubah yang sama,” berbahasa rohani yang sama, tetapi yang menyalahgunakan kasih demi nafsu. Di dalam kitab-kitab Injil, Tuhan sudah menyampaikan banyak peringatan tentang penyesat-penyesat yang tersamar ini, yang nampak seperti domba, tetapi membawa berita Injil yang lain.

Menghadapi tantangan zaman seberat itu, Yudas mengajak saudara seiman untuk hidup di atas dasar iman yang paling suci, atau paling murni, atau yang sejati. Ini menjadi tanggung jawab yang sangat serius dan berlaku bagi setiap orang yang mengaku percaya kepada-Nya. Yang sadar akan kelemahan diri, sadar akan ancaman musuh, sadar akan kebutuhan untuk hidup di dalam kasih Allah, dan bertekun hanya dalam relasi yang baik, yang mengikat dirinya dengan kasih Allah dan membangun imannya dengan sikap yang serius dan penuh tanggung jawab. Bagi orang seperti itu, kiranya berkat dan perlindungan Allah selalu akan menyertai hidupnya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s