Penghakiman Membuat Manusia Bertobat?

Bacaan hari ini: Wahyu 9:13-21
“Tetapi manusia lain, yang tidak mati oleh malapetaka itu, tidak juga bertobat dari perbuatan tangan mereka …” (Wahyu 9:20a)

Wahyu 9:13-21 menggambarkan penghakiman TUHAN atas umat manusia. Yohanes memaparkan bahwa penghakiman itu akan dilakukan oleh malaikat yang terikat dekat dengan sungai Efrat. Ia juga melihat, jumlah tentara itu dua puluh ribu laksa pasukan berkuda, kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya, memakai baju zirah, merah api, biru dan kuning belerang warnanya; kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang. Oleh ketiga malapetaka ini dibunuh sepertiga dari umat manusia, yaitu oleh api, dan asap dan belerang, yang keluar dari mulutnya (bdk. Why. 8:15-18).

Apa artinya penglihatan ini? Penglihatan ini menegaskan akan terjadi penghancuran dan pengrusakan yang hebat. Hal ini tidak hanya berhenti pada satu titik, namun akan terus berkelanjutan. Malaikat yang terikat dan kemudian dilepaskan adalah malaikat jahat yang membawa malapetaka bagi kehidupan manusia. Sedangkan gambaran kuda dan penunggangnya telah dikuasai oleh roh jahat yang bertekad dan menghancurkan orang fasik/orang jahat. Namun satu hal yang ditegaskan oleh Yohanes yang melihat penglihatan itu adalah, bahwa orang-orang yang telah selamat dari malapetaka tidak juga bertobat dari perbuatan mereka. Ini menunjukkan bahwa kejatuhan umat manusia ke dalam dosa, sudah semakin dalam dan sangat fatal, sehingga penghukuman yang diberikan sebagai peringatan bagi mereka tidak diindahkan lagi oleh mereka. Mereka tetap tidak mau bertobat.

Bagaimana dengan kita? Penghakiman Allah akan terjadi terhadap dunia ini. Ada banyak orang yang tidak percaya akan penghakiman Allah atas dunia ini. Itu sebabnya mereka tetap hidup dalam dosa. Penghakiman Allah tidak dapat dihindarkan dan tidak ada tempat yang dapat terluput dari penghakiman-Nya. Sebagai orang Kristen yang telah dijamin keselamatan-nya dalam Kristus, kita harus mengingatkan sesama kita yang masih hidup dalam dosa, agar mereka percaya kepada Yesus Kristus dan bertobat dari segala perbuatan jahat mereka.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s