Janji Allah

Bacaan hari ini: Kejadian 17:1-8
“Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak.” (Kejadian 17:2)

Banyak sekali dalam Kitab Suci, kita menemukan janji Allah kepada umat-Nya, termasuk pada bagian ini, di mana Allah mengadakan perjanjian, yaitu antara Allah dengan Abram. TUHAN Allah secara pribadi menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: “Akulah Allah Yang Maha Kuasa…” (ay. 1). Mengapa Allah mengatakan Firman ini terlebih dahulu sebelum mengadakan perjanjian dengan Abram? Karena janji yang Allah berikan kepada Abram adalah suatu janji yang sepertinya mustahil bagi manusia, tetapi di sini Allah ingin menunjukkan, bahwa Dia adalah Allah yang Mahakuasa dan tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah, segalanya sanggup Allah kerjakan, sekalipun yang ada di luar akal pikiran manusia sekalipun.

Janji Allah kepada Abram, yaitu tentang keturunan (ay. 6), tanah Kanaan (ay. 8), dan berkat (Kej.12:3; 22:18; 26:3-5). Semua itu Allah berikan bukan hanya pada Abram, tetapi sampai kepada keturunannya, karena Allah mengikat perjanjian kekal (ay. 7). Tujuan dari pemberian janji Allah kepada umat-Nya adalah agar Dia tetap menjadi Allah yang disembah oleh Abram sampai pada keturunannya. Janji Allah tidak berhenti pada zaman Perjanjian Lama saja, tetapi janji Allah ini kita nikmati sampai saat ini, karena iman kita yang sama seperti bapa Abram.

Abram dan keturunannya dapat menikmati semua janji berkat Tuhan, ketika mereka hidup di hadapan Allah dengan tidak bercela (ay. 1). Bagaimana dengan sikap hidup kita pada masa kini sebagai “keturunan Abraham” dalam Kristus karena iman? Marilah kita juga menjaga hidup ini dengan benar, dan menjadikan Dia sebagai Allah yang kita sembah, yang berkuasa atas umat-Nya. Marilah kita meneladani sikap Abraham dengan cara berlaku setia dan taat kepada perintah Tuhan dalam hidup kita; jangan kita menyimpang dari perintah-Nya. Dengan berbuat demikian, kita akan menikmati semua janji-janji Allah, sesuai kasih karunia dan berkat kehidupan yang dijanji-Nya sesuai kebenaran dalam firman-Nya (Alkitab).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s