Allah Telah Menghapus Aib Rahel

Bacaan hari ini: Kejadian 30:1-24
“Ketika dilihat Rahel, bahwa ia tidak melahirkan anak bagi Yakub, cemburulah ia kepada kakaknya itu …” (Kejadian 30:1)

Di daerah Timur Dekat, seorang wanita yang tidak mempunyai anak dipandang hina (bdk. Kej. 16:2; 30:2). Karena itu dengan perasaan putus asa, Rahel mengeluh kepada suaminya, dengan berkata: “Berikanlah kepadaku anak; kalau tidak, aku akan mati” (Kej. 30:1). Perkataan Rahel tersebut sangat mengesalkan hati Yakub, suaminya. Karena seolah-olah yang membuat Rahel belum juga mempunyai anak, adalah dirinya. Itulah sebabnya bangkitlah amarah Yakub kepadanya dan berkata: “Akulah pengganti Allah, yang telah menghalangi engkau mengandung?” (ay. 2).

Bila kita melihat ayat-ayat selanjutnya, kita mendapatkan bahwa Rahel berusaha dengan berbagai cara agar ia bisa mendapatkan anak. Kejadian 30:3-4 menyatakan, ia rela memberikan budaknya, Bilha, agar melaluinya Rahel dapat memberikan anak bagi Yakub. Apa yang dilakukan Rahel itu sesungguhnya dikuasai oleh kekalapan dirinya karena Lea yang selalu mendapatkan anak, dan keberadaan dirinya yang mandul.

Namun demikian, ayat 22-23 memberikan petunjuk kepada kita bahwa sesungguhnya Rahel juga pernah datang menyampaikan pergumulannya tersebut kepada Allah. Dan puji Tuhan, Allah tidak membiarkan Rahel terus berada dalam kesedihan dan keputusasaan karena keberadaannya yang mandul. Demikianlah ayat 22-23 menyatakan bahwa Allah mengingat akan Rahel dan Allah mendengarkan permohonannya serta membuka kandungannya. Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki. Demikianlah Allah telah menghapus aib Rahel yang mandul ini. Bagimana dengan kita?

Mungkin dalam keberadaan kita yang penuh dengan kekurangan dan keterbatasan, kita merasa cemburu melihat keberadaan orang lain yang lebih berhasil dan diberkati dibandingkan dengan diri kita. Dalam situasi dan kondisi demikian, marilah kita datang kepada Tuhan. Kita serahkan segala pergumulan kita dan mohonlah pertolongan dari-Nya. Percayalah bahwa Tuhan pasti akan menolong dan memberkati kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s