Menjaga Integritas Diri

Bacaan hari ini: Kejadian 39-40
”… Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah?” (Kejadian 39:9b)

Sungguh tidak mudah mempertahankan kehidupan yang bersih di tengah tawaran dosa yang begitu menarik. Namun demikian, Yusuf berhasil melakukannya. Dari pasal yang kita baca ini menceritakan bagaimana Yusuf tetap mampu mempertahankan integritas dirinya, sekalipun pencobaan yang ia alami sangat berat. Bagaimana tidak? Firman Tuhan dengan gamblang melukiskan kepada kita bagaimana Yusuf dari hari ke hari terus digoda oleh istri Potifar untuk berbuat dosa. Bahkan dalam ayat 11 dikatakan, bahwa pada suatu hari Yusuf digoda oleh istri Potifar, pada saat tidak ada seorangpun di rumah. Tetapi luar biasa, dalam kondisi demikian Yusuf mampu menolak godaan dosa itu dengan tegas.

Apa rahasianya? Rahasianya dapat kita lihat di ayat 9b, yakni Yusuf sadar bahwa Tuhan itu ada dan Tuhan itu melihat. Ia sadar bahwa hidupnya adalah milik Tuhan dan ia tidak mau berbuat dosa kepada Tuhan. Itulah sebabnya ketika godaan dosa itu datang, Yusuf memilih untuk tetap hidup memperkenankan hati Tuhan.

Bagaimana dengan kita? Dalam hidup ini, kita juga mengalami yang namanya pencobaan dan godaan untuk berbuat dosa. Ketika tidak ada seorangpun yang melihat, akankah kita tetap mempertahankan kehidupan yang bersih di hadapan Tuhan, atau kita akan berkompromi dengan dosa demi kesenangan sesaat?

Yusuf melawan godaan dosa yang ditawarkan kepadanya dengan cara melarikan diri, menjauh dari dosa. Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada seorangpun di antara kita, kebal akan dosa. Oleh sebab itu, ketika godaan dosa datang, kita harus memilih untuk tetap memperkenankan hati Tuhan dan dengan segera menjauh dari godaan dosa tersebut. Jangan merasa diri hebat sehingga bermain-main dengan dosa. Jangan biarkan sedikitpun kita menyerahkan diri atau memberikan kesempatan kepada dosa untuk menguasai kita. Marilah kita mengikuti teladan Yusuf, karena dengan demikian hidup kita bisa menyenangkan hati Tuhan dan tidak jatuh dalam dosa.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s