Tuhan Menepati Janji-Nya

Bacaan hari ini: Keluaran 2:23-3:22
“Allah mendengar mereka mengerang, lalu Ia mengingat kepada perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak dan Yakub.” (Keluaran 2:24)

Janji adalah ucapan yang menyatakan kesediaan untuk berbuat sesuatu; seperti hendak memberi, menolong, datang dan bertemu. Mungkin Anda pernah berjanji kepada sesama, atau mungkin sesama Anda pernah menjanjikan sesuatu pada Anda. Apakah janji-janji itu sudah ditepati? Ataukah sebaliknya, janji-janji itu belum ditepati? Atau bahkan, bukan lagi ditepati, tapi dilupakan? Anda mungkin pernah mendengar lirik lagu: “Kau yang berjanji, kau yang mengingkari. Kau yang memulai, kau yang mengakhiri.” Itulah manusia. Manusia mudah berjanji, tapi sulit untuk menepatinya. Manusia mudah untuk berjanji, tetapi cepat sekali untuk melupakannya. Tetapi TUHAN tidak. Ia berjanji dan menepati janji-Nya.

Ketika Allah mendengar umat-Nya mengerang dalam perbudakan di Mesir, Ia ingat dengan janji-Nya. Janji-Nya kepada siapa? Tentu bukan kepada bangsa Israel, melainkan kepada nenek moyang mereka yaitu Abraham, Ishak dan Yakub. Janji yang sejak kapan? Apakah sepuluh tahun yang lalu? Apakah lima puluh tahun yang lalu? Apakah seratus tahun yang lalu? Apakah dua ratus tahun yang lalu? Ternyata bukan. Empat ratus tahun yang lalu, TUHAN pernah berjanji kepada Abraham untuk menghukum bangsa yang menghukum umat-Nya dan membawa mereka keluar dari tanah perbudakan itu (Kej. 15:13-14). Dan tepat pada waktu TUHAN, Ia menepati janji-Nya.

Ada dua pelajaran penting mengenai Janji TUHAN yang perlu untuk kita perhatikan. (1) TUHAN tidak melupakan janji-Nya. Dia ingat dengan janji-Nya kepada Abraham, empat ratus tahun yang lalu (Kel. 2:24). (2) TUHAN menepati janji-Nya dengan memperhatikan umat-Nya (Kel. 2:25). (3) TUHAN memakai orang pilihan-Nya untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan (Kel. 3:1-22). Allah bukanlah manusia sehingga Ia berdusta (Bil. 23:19). Jika TUHAN telah berjanji, maka Ia akan ingat dan menepati janji-Nya. Karena itu, janganlah meragukan kesetiaan janji-Nya yang ada tertulis dalam Alkitab. Percayalah kepada-Nya dan firman-Nya!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s