Panggilan Musa

Bacaan hari ini: Keluaran 4-6
“Dan bawalah tongkat ini di tanganmu, yang harus kaupakai untuk membuat tanda-tanda mujizat.” (Keluaran 4:17)

Saat Allah memanggil hambanya Musa untuk membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir, Allah memperlengkapi hamba-Nya, Musa, sesuai dengan tugas yang diberikan-Nya. Panggilan Musa ini didasarkan pada perjanjian Allah kepada diri Abraham, Ishak dan Yakub. Bukan saja Allah telah mengadakan perjanjian-Nya dengan mereka, tetapi untuk memberikan kepada mereka tanah Kanaan, tempat mereka tinggal sebagai orang asing.

Yang Allah lakukan dalam panggilan-Nya kepada Musa dalam membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Mesir, adalah: (1) Memberi bukti bahwa Tuhan Allah sendiri lah yang mengutus Musa, yaitu tongkat menjadi ular dan penyakit kusta pada tangan Musa setelah dimasukkan ke dalam bajunya; air sungai Nil menjadi darah di tanah yang kering dan Allah menyertai lidah Musa dan Harun. (2) Pernyataan diri Allah, “AKU telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-KU, TUHAN, Aku belum menyatakan diri” (ps. 6:2). Pernyataan diri Allah ini ingin membuktikan bahwa Allah sendiri yang memanggil Musa, hamba-Nya, kepada orang Israel agar mereka dibebaskan dari kerja paksa orang Mesir, dan yang terutama Allah memilih orang Israel untuk menjadi umat-Nya dan membawa mereka beribadah kepada-Nya. Inilah kemahakuasaan dan kedaulatan Allah yang dinyatakan baik kepada orang Israel, maupun orang Mesir. (3) Allah mengeraskan hati Firaun, sehingga kerja paksa yang diberikan kepada orang Israel ditambah dengan tidak diberinya jerami untuk membuat batu bata, namun hasilnya tidak boleh dikurangi.

Bagaimana dengan panggilan tiap kita? Allah telah memanggil anak-anak-Nya dengan berbagai macam tantangan, yang membuat kita seperti Musa, ada ketakutan dan tidak percaya diri dalam merespon panggilan-Nya. Tapi kita diingatkan kembali, bahwa bila Tuhan Allah yang memanggil, maka Dia sendiri akan memperlengkapi hamba-Nya untuk menyelesaikan tugas panggilan-Nya itu. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s