Tulah

Bacaan hari ini: Keluaran 7-8
“… Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir.” (Keluaran 7:3)

TUHAN mengutus Musa dan Harun untuk menghadap Firaun supaya dibiarkannya orang Israel itu pergi dari negerinya. Tetapi Firaun menolaknya; dan sikap keras kepala ini membuahkan banyak tulah, “tetapi Aku akan mengeraskan hati Firaun, dan Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir.” (Kel. 7: 3). Mengapa demikian?

Tulah yang diberikan Allah kepada Firaun sebagai bentuk hukuman yang berat bagi Firaun yang tidak mau mendengarkan perintah TUHAN. Tulah ini untuk menunjukkan bahwa: (1) “AKULAH TUHAN,” hal ini merupakan suatu pernyataan atau pendeklarasian nama ALLAH kepada orang Mesir di Mesir kuno; banyak dewa disembah dan dipercaya dapat mengendalikan kekuatan-kekuatan alam. Raja Mesir sendiri dipandang sebagai seorang dewa. Imam-iman ditunjuk untuk melayani para dewa itu atau untuk mendapat pesan dari mereka. Orang-orang berilmu mungkin adalah para imam yang kadang-kadang mencoba untuk meramalkan masa depan dengan mengamati cahaya yang terpantul dari cairan dalam piala (Kej. 44: 5,15); ahli sihir mungkin pesulap dan mengklaim sulapnya sebagai mujizat dari dewa. (2) Allah orang Ibrani itu berkuasa atau berdaulat atas alam semesta ini dan dipercaya dapat mengendalikan kekuatan yang ada di dalam alam ini. Allah berkarya untuk melindungi dan menolong umat-Nya untuk terus hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Tulah-tulah tersebut tidak dimaksudkan sebagai pameran atau pertunjukan, tapi ingin menunjukkan kuasa Allah atas manusia, dan terlebih lagi adalah sebagai tanda bahwa Allah sedang bekerja di tengah-tengah umat-Nya.

Bagaimana dengan kita sebagai umat-Nya? Apakah permasalahan yang sering menghimpit dan menekan kehidupan kita, menyadarkan kita akan Kuasa Allah atas seluruh alam semesta; dan meyakinkan kita bahwa hukuman Allah itu menunjukkan bahwa Ia sedang bekerja di tengah-tengah umat-Nya, agar kita dapat mempercayai kebaikan-Nya? Marilah kita tidak ragu akan kuasa dan kasih Tuhan dalam hidup kita!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s