Manusiawi

Bacaan hari ini: Keluaran 22:21-27
“Janganlah kau tindas atau kau tekan seorang orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.” (Keluaran 22:21)

Semua orang ingin diperlakukan dengan baik dan manusiawi. Nilai hidup manusia lebih tinggi derajatnya dibanding dengan binatang. Jika kita tidak memperlakukan dengan baik hewan piaraan kita, tidak ada yang menghakimi kita. Namun jika kita tidak memperlakukan dengan baik sesama kita, kita akan dituntut hukum yang berlaku.

Memperlakukan orang asing dengan baik. Tentu ini adalah pengajaran yang sangat baik dan manusiawi. Sebab orang asing di sini artinya adalah, orang yang tidak ada relasi dengan kita, orang yang tidak kita kenal, orang yang tidak mempunyai hak apa-apa. Akan tetapi, kita tidak boleh menindas mereka dengan semena-mena, mentang-mentang mereka adalah orang asing. Jika mereka ditindas, Tuhanlah yang akan memihak kepada mereka, membela dan melindungi mereka. Bukan orang asing yang kita tindas atau lawan, melainkan Tuhan sendiri.

Menaruh belas kasihan kepada janda miskin. Tuhan sangat memperhatikan janda-janda misikin. Ia menghendaki umat-Nya memiliki sikap belas kasihan terhadap janda miskin. Jika umat Tuhan menindas janda miskin, maka Tuhan akan murka dan tidak segan-segan membunuh orang yang tidak manusiawi itu, dan membuat istrinya menjadi janda dan anaknya menjadi yatim. Tuhan menghendaki umat-Nya belajar toleransi dan berbelas kasihan kepada janda-janda miskin. Adakah janda-janda miskin di sekitar Anda? Nyatakan belas kasihan kepada mereka.

Meringankan beban orang susah. Bila kita meminjamkan uang atau barang kepada seseorang, janganlah berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia, apalagi membebani hutang bunga pada orang miskin. Itu artinya kita mendatangkan kesusahan, ditambah dengan kesusahan bagi orang lain. Tuhan itu pengasih; Ia telah melepaskan beban kesusahan, perbudakan di Mesir yang terjadi telah beratus-ratus tahun. Ia mendengar seruan umat-Nya dan melepaskan mereka dari penderitaan dan menjadi orang merdeka. Tuhan sudah meringankan beban hidup kita, hendaknya kita belajar meringankan kesusahan orang lain.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s