Melakukan Tepat Seperti Kehendak Tuhan

Bacaan hari ini: Keluaran 39:32-43
“Tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah dilakukan orang Israel segala pekerjaan melengkapi itu.” (Keluaran 39:42)

Dalam bagian firman Tuhan ini ada kalimat diulang tiga kali: “seperti yang diperintahkan Tuhan” (ay. 32, 42, 43). Ini artinya, orang Israel benar-benar melakukan pembangunan Kemah Suci dan perkakas-perkakasnya tepat seperti yang diperitahkan Tuhan lewat Musa. Mereka tidak melakukannya seperti yang Musa atau mereka pikirkan sendiri, tetapi benar-benar sesuai kehendak Tuhan. Dari hal ini kita bisa belajar beberapa hal berkaitan dengan melayani Tuhan.

Pertama adalah melayani Tuhan haruslah melakukan sesuai dengan kehendak Tuhan. Terkadang (tanpa kita sadari) karena berpikir bahwa ini adalah pelayanan untuk Tuhan maka kita merasa berhak untuk melakukan apapun tanpa berpikir, apakah cara atau tindakan kita berkenan di hadapan Tuhan atau tidak. Karena kita merasa mendedikasikan buat Tuhan, maka kita tidak menguji diri kita apakah ada motivasi atau cara-cara kita yang tidak diperkenan Tuhan. Ingat! Tuhan ingin kita melakukan pelayanan di bawah tuntunan kehendak-Nya, sesuai firman-Nya.

Kedua, jangan melupakan mencari pimpinan Tuhan dalam melayani Dia. Adakah waktu untuk berdoa sehingga kita peka mencari pimpinan Tuhan? Adakah waktu untuk berdiam diri di hadapan firman Tuhan untuk menguji motivasi dan pemikiran kita? Adakah sikap saling menasihati dan mengingatkan antar saudara seiman ketika sama-sama melayani Dia? Sehingga pelayanan yang dilakukan benar-benar membangun tubuh Kristus.

Ketiga, kesungguhan dari para pemimpin jemaat untuk mempunyai hati yang dengar-dengaran dan takut akan Tuhan. Karena merekalah yang memimpin dan akan mengarahkan jemaat Tuhan melayani Dia. Janganlah semua yang dilakukan hanya untuk membanggakan diri sendiri! Jangan juga hanya untuk membangun monumen bagi kemuliaan diri sendiri! Jangan juga hanya untuk memuaskan cita-cita atau harapan sendiri! Musa memberikan teladan bahwa dia memimpin pembangunan kemah Suci dan perkakas-perkakasnya tepat seperti yang diperintahkan Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s