Jangan “Lupa” Bersyukur

Bacaan hari ini: Bilangan 11:1-9, 31-35
“Tetapi sekarang kita kurus kering, tidak ada sesuatu apa pun, kecuali manna ini saja yang kita lihat.” (Bilangan 11:6)

Bersyukur adalah ungkapan hati orang yang bersedia menerima segala sesuatu, baik suka maupun duka, yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidupnya. Namun, berbeda dengan bangsa Israel; mereka “lupa” bersyukur kepada TUHAN, sekalipun TUHAN telah memberikan dan menyediakan manna bagi mereka.

“Lupa” bersyukur mendatangkan hal yang buruk atas bangsa Israel. Dampak buruknya ialah: pertama, mereka menjadi orang yang melupakan TUHAN. Dalam ayat 4 ada tertulis: “Siapakah yang akan memberikan kita makan daging?” Mereka melupakan TUHAN yang telah membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Kedua, mereka menjadi orang yang serakah. Serakah artinya selalu mau atau ingin memiliki lebih dari yang dimiliki, “Tetapi sekarang kita kurus kering, tidak ada sesuatu apa pun, kecuali manna ini saja yang kita lihat” (ay. 6). Mereka mengatakan tidak ada sesuatu apa pun, padahal TUHAN telah memberikan manna bagi mereka. Bagi mereka, tidak cukup hanya manna. Mereka menginginkan lebih dan lebih lagi, yaitu daging. Ketiga, mereka binasa. Tercatat dalam ayat 33-34: “Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap bangsa itu dan TUHAN memukul bangsa itu dengan suatu tulah yang sangat besar…. di sananalah dikuburkan orang-orang yang bernafsu rakus.” Karena “lupa” bersyukur, membuat mereka memberontak kepada TUHAN, dan akibatnya, mereka dibinasakan TUHAN. Jadi, karena lupa bersykukur, orang-orang Israel ini melupakan TUHAN, sehingga menjadi orang yang serakah dan akhirnya dibinasakan TUHAN.

Sepenggal lirik lagu karangan Pdt. Stephen Tong berbunyi: “Pimpinan Tuhan tak pernah bersalah.” Pimpinan TUHAN atas bangsa Israel tidak pernah bersalah. Mereka sendirilah yang salah dalam memahami pimpinan TUHAN, sehingga mereka bersungut-sunggut dan menyalahkan TUHAN. Pimpinan Tuhan atas diri kita, juga tidak pernah salah. Kitalah yang salah dalam memahami pimpinan TUHAN. Apa yang sedang terjadi dalam hidup kita? Dalam hal apa pun itu, janganlah lupa bersyukur!!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s