Taat Membawa Berkat

Bacaan hari ini: Bilangan 15-16
“Lagi keluarlah api, berasal dari pada TUHAN, lalu memakan habis kedua ratus lima puluh orang yang mempersembahkan ukupan itu.” (Bilangan 16:35)

Dalam pasal 15, Allah telah memberikan ketetapan-ketetapan pada umat-Nya. Akhir dari ketetapan-Nya itu, Allah memerintahkan untuk membuat jumbai-jumbai pada punca baju mereka, sebagai satu peringatan kepada segala perintah TUHAN, sehingga mereka melakukannya dan tidak lagi menuruti hati dan mata mereka sendiri seperti biasa mereka perbuat dalam ketidaksetiaan mereka terhadap TUHAN.

Namun dalam pasal 16, mereka kembali memberontak terhadap Musa atas kepemimpinannya bagi Israel. Pemberontakan ini dipimpin Korah, Datan dan Abiram, dengan mengajak dua ratus lima puluh orang Israel, pemimpin-pemimpin umat, yaitu: orang-orang yang dipilih oleh rapat, semuanya orang-orang yang kenamaan dan mereka semua adalah orang-orang Lewi yang tugasnya membantu para imam melakukan pekerjaan pada Kemah Suci TUHAN. Musa telah memperingatkan mereka, bahwa pemberontakan mereka, bukanlah kepada Musa, tetapi melawan TUHAN. Maka bangkitalah murka TUHAN atas mereka dengan mendatangkan hukuman yang belum pernah terjadi, yaitu: tanah mengangakan mulutnya dan menelan seluruh keluarga Korah, Abiram dan Datan beserta seluruh harta bendanya, apapun yang dimilikinya sehingga mereka hidup-hidup turun ke dunia orang mati, maka mereka akan tahu bahwa orang-orang ini telah menista TUHAN. Dan TUHAN menurunkan api dari langit untuk memakan habis ke dua ratus lima puluh orang Lewi itu.

Namun keesokan harinya, bersungut-sungutlah segenap umat Israel kepada Musa dan Harun, katanya: “Kamu telah membunuh umat TUHAN”, dan segenap umat berkumpul melawan Musa dan Harun, maka bangkitlah murka TUHAN, membunuh umat sebanyak empat belas ribu tujuh ratus orang, itupun karena kemurahan TUHAN melalui kelembuatan hati Musa.

Pelajaran yang dapat kita petik adalah, mereka yang taat dan percaya kepada ketetapan Allah, akan menerima berkat-Nya. Mereka yang tidak percaya dan taat, tidak akan menerima berkat yang terkait dengan janji-janji Allah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s