Suksesi Pemimpin Israel

Bacaan hari ini: Bilangan 27:12-23
“Ambillah Yosua bin Nun, seorang yang penuh roh, letakkanlah tanganmu atasnya.” (Bilangan 27:18)

Suksesi kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam perusahaan, organisasi kemasyarakatan, gereja, dsbnya. Namun sungguh ironis bahwa, sekalipun hal ini penting, tidak jarang banyak pemimpin tidak mempersiapkan dan memikirkannya secara serius.

Ketika Musa akan mengakhiri tugas dan tanggung jawab pelayanannya dalam menuntun Israel memasuki tanah perjanjian, ia tidak melalaikan hal ini. Itulah sebabnya ketika Tuhan berkata, bahwa ia akan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya, Musa segera mengutarakan kepeduliannya yang besar tentang suksesi kepemimpinan kepada Tuhan. Maka Tuhan pun menunjuk Yosua bin Nun untuk menggantikan segala tugasnya. Dari kisah ini kita dapat memahami, bahwa:

(1) Kepemimpinan adalah sesuatu yang harus ada, karena tanpa kepemimpinan akan terjadi kekacauan, seperti “domba tanpa gembala.” Demikian pula seorang pemimpin harus mampu “menggembalakan,” yang artinya mengarahkan, mendorong, menguatkan dan menuntun mereka yang dipimpin kepada suatu tujuan yang jelas, dan bersama-sama mereka mengerjakan dan mencapainya. Itulah Musa dan Yosua!

(2) Kepemimpinan harus disiapkan dengan baik, dan yang memimpin harus “penuh dengan roh.” Artinya, seorang pemimpin bersemangat untuk menolong yang dipimpinnya dan menghormati kekudusan Tuhan. Karena kepemimpinan Yosua berhubungan dengan perintah Tuhan, maka kepe-mimpinan itu harus mengikuti kehendak dan tujuan Tuhan. Itulah sebabnya Tuhan memerintahkan Musa untuk mensharingkan segala kehendak, visi, dan rencana-Nya pada Yosua, sebab seorang pemimpin rohani yang tidak dapat menangkap kehendak dan maksud Tuhan, akan membahayakan mereka yang dipimpinnya. Bagaimana dengan kita hari ini?

Jika kita berkecimpung dan terlibat dalam kepemimpinan, marilah kita memperhatikan kisah sukses kepemimpinan bangsa Israel dari Musa kepada Yosua ini, agar kitapun dapat menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan bijaksana.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s