Hidup Kudus

Bacaan hari ini: Ulangan 18:9-22
“Haruslah engkau hidup dengan tidak bercela di hadapan TUHAN, Allahmu.” (Ulangan 18:13)

Apa artinya hidup kudus? “Kudus” mempunyai pengertian dipisahkan untuk hidup berbeda/tidak bercela. Ketika Israel diminta untuk hidup kudus bagi Tuhan, mereka adalah bangsa yang dipisahkan dari bangsa-bangsa lain di dunia, untuk hidup tidak bercela bagi Tuhan. Mereka tidak boleh hidup seperti bangsa-bangsa lain di sekitar mereka yang hidup tanpa takut akan Tuhan. Demikian juga kita. Kita telah diselamatkan dalam Tuhan Yesus, dengan demikian hidup kita tidak lagi sama dengan dunia ini. Karena itu, kita diminta untuk hidup kudus bagi Tuhan.

Bagian firman Tuhan hari ini menunjukkan ada dua hal mewujudkan hidup kudus. Pertama adalah hidup yang berserah dan bergantung kepada Tuhan. Bangsa-bangsa lain mempunyai kebiasaan mencari petunjuk kepada para pelihat atau peramal. Mereka ingin mengerti hidup mereka dengan jelas melalui hal-hal seperti itu. Tujuan mereka adalah agar mereka dapat menguasai dan mengatur hidup mereka sendiri seperti yang mereka kehendaki. Bahayanya adalah, mereka tidak memahami bahwa mereka justru sedang berada dalam kesalahan hidup. Umat Israel adalah umat milik Tuhan yang sudah diselamatkan dan hidup di dalam Dia. Karena itu, hendaknya mereka menghindari tingkah laku seperti bangsa lain tersebut. Demikian juga dalam hidup kita, hendaknya kita tidak mencari peramal atau dukun untuk mengetahui tentang kehidupan kita. Si Setan dapat bermain-main dalam hal seperti itu untuk menjatuhkan dan menjauhkan kita dari Tuhan. Hendaknya kita belajar untuk bergantung kepada Tuhan bagi hidup dan masa depan kita.

Kedua adalah hidup dekat dengan firman Tuhan. Bagaimana berserah dan bergantung kepada Tuhan? Melalui hidup yang taat dan melakukan firman Tuhan. Tuhan mengingatkan bangsa Israel agar berhati-hati dengan para nabi palsu, yaitu mereka yang bernubuat demi nama Tuhan, padahal tidak demikian. Pada zaman ini, terkadang ada orang-orang yang memakai nama Tuhan demi keuntungan mereka. Hindarilah para nabi palsu yang ingin menyesatkan kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s