Loyalitas untuk Melakukan Firman

Bacaan hari ini: Ulangan 30:11-20
“Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini:… Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu.” (Ulangan 30:19)

Kesetiaan ialah salah satu karakter yang diperlukan ketika seseorang ingin berhasil. Seorang yang setia terhadap negaranya, membawa negara itu menjadi lebih baik dengan sungguh-sungguh membangun negaranya. Seorang yang setia dengan pekerjaannya, akan bekerja dengan sungguh-sungguh sehingga ia berhasil.

Demikian dengan bangsa Israel. Mereka dituntut untuk setia kepada Tuhan dengan melakukan firman-Nya, sungguh-sungguh. Melakukan hal tersebut bukanlah sesuatu yang terlampau sulit atau mustahil (ay. 11) jika dengan pertolongan Tuhan. Firman itu dikatakan sangat dekat dengan mulut dan hati, maksudnya adalah, ketika bangsa Israel membiasakan diri dengan firman, memperkatakan dalam kehidupannya dan menyimpannya dalam hati, maka perilaku mereka menjadi perilaku yang sesuai dengan firman Tuhan. Ketika bangsa Israel melakukan firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, maka janji Tuhan bagi mereka, digenapi. Mereka akan menerima kehidupan dalam Tuhan (ay. 19-20) dengan limpah; sebaliknya, apabila mereka memberontak maka mereka akan menerima kematian. Loyalitas atau kesetiaan melakukan firman menjadi kunci kehidupan mereka dan bukti bahwa mereka mencintai Tuhan dengan setulus hati.

Di sisi lain, Tuhan mengingatkan bangsa Israel yang tidak menjaga firman-Nya dengan setia. Kutukan, juga hukuman pasti akan menimpa mereka (ay. 18). Kematian, kebinasaan, ketidakberuntungan menjadi jalan hidup yang dijalani orang-orang Israel yang mbalelo. Orang-orang Israel ini membuktikan bahwa diri mereka tidak mencintai Tuhan dengan sungguh-sungguh. Mereka hanya ikut-ikutan saja.

Kini, loyalitas untuk melakukan firman ditujukan untuk setiap kita, orang yang percaya. Jikalau kita berkata kita mencintai Tuhan dengan sungguh-sungguh, maka kita tidak hanya setia datang ke gereja saja, lebih dari itu, kita juga akan setia melakukan firman Tuhan. Pilihlah kehidupan dengan setia kepada-Nya, membiasakan diri dengan membaca firman, merenungkan, dan melakukannya!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s