Ceritakan Perbuatan-Nya yang Besar

Bacaan hari ini: Yosua 4:1-24
“Supaya semua bangsa di bumi tahu, bahwa kuat tangan TUHAN, dan supaya mereka selalu takut kepada TUHAN, Allahmu.” (Yosua 4:24)

Perjalanan Yosua dalam memimpin bangsa Israel memasuki tanah perjanjian, tidaklah mulus. Di depan mereka, ada sungai Yordan menghalangi perjalanan mereka. Bila mereka semua terus berjalan, maka resikonya, mereka semua akan hanyut dan mati dibawa oleh arus air sungai tersebut. Rintangan sungai Yordan ini bisa saja membuat Yosua menjadi gentar dan tawar hati melanjutkan perjalanan membawa bangsa Israel menuju tanah perjanjian. Namun, karena ada janji dan penyertaan Tuhan, Yosua tidak takut dan gentar, apalagi tawar hati dalam menghadapi tantangan tersebut. Ia percaya bahwa Tuhan ada di tengah-tengah mereka dan Tuhan akan membawa mereka menyeberangi sungai Yordan tersebut. Dengan kuasa-Nya yang besar, Tuhan membawa bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan. Ketika kaki para pembawa tabut perjanjian menginjakkan kakinya ke dalam sungai Yordan, berhentilah air mengalir (Yos. 3:16). Demikianlah Tuhan membuat air sungai Yordan menjadi kering sehingga seluruh bangsa Israel berjalan menyeberangi sungai Yordan yang telah menjadi kering tersebut.

Setelah seluruh bangsa Israel menyeberangi sungai Yordan, TUHAN memerintahkan Yosua agar memilih dua belas orang, dari tiap-tiap suku untuk mengangkat dua belas batu dari tengah-tengah sungai Yordan. Batu-batu yang harus diangkat itu harus dari tempat berjejaknya kaki para imam. Tuhan meminta agar kedua belas batu itu diletakkan di tempat mereka bermalam. Demikianlah dilakukan Yosua. Setelah mereka menyeberang, maka ia menegakkan kedua belas batu tersebut di Gilgal (Yos. 4:1-4, 20). Mengapa Tuhan memerintahkan hal tersebut? Karena Tuhan ingin agar anak cucu mereka selalu mengingat perbuatan tangan Tuhan yang telah mengeringkan sungai Yordan dan takut akan Dia. Bagaimana dengan kita?

Sebagai orang yang telah mengalami keselamatan dalam Tuhan Yesus, sudah seharusnya kita juga menceritakan kabar sukacita sorga ini kepada anak-cucu kita; juga kepada mereka yang belum mengenal Tuhan Yesus, agar mereka diselamatkan (1Ptr. 2:9).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s