Dosa dan Akibatnya Bagi Umat Tuhan

Bacaan hari ini: Yosua 7:1-26
“…kamu tidak akan dapat bertahan menghadapi musuhmu, sebelum barang-barang yang dikhususkan itu kamu jauhkan dari tengah-tengah kamu.” (Yosua 7:13)

Setelah mengalami berbagai perbuatan Tuhan yang besar dan ajaib, mulai dari menyeberang sungai Yordan sampai meraih kemenangan yang besar atas Yerikho, kini bangsa Israel mengalami pengalaman yang pahit. Kepahitan itu mereka alami saat mereka dikalahkan oleh orang-orang Ai. Padahal orang-orang Ai itu sangat sedikit sekali jumlahnya, tetapi mereka dapat membuat pasukan Israel yang kira-kira tiga puluh ribu orang itu, melarikan diri membelakangi orang-orang Ai. Mereka dikejar-kejar dan dipukul kalah. Peristiwa tersebut membuat hati bangsa Israel menjadi amat sangat tawar (ay. 3-5). Apa gerangan yang menyebabkan peristiwa tersebut terjadi?

Yosua pun menjadi sangat berduka atas peristiwa tersebut dan ia pun sujud menghadap Tuhan, dan menyampaikan perasaan duka dan tawar hatinya (ay. 6-10). Tuhan pun menjawab Yosua dengan memberitahukan penyebabnya. Tuhan memberitahukan, sesungguhnya orang Israel telah berbuat dosa. Ada di antara mereka yang telah melanggar perjanjian yang telah Tuhan perintahkan kepada mereka. Mereka telah mengambil sesuatu dari barang-barang jarahan yang telah dikhususkan untuk dimusnahkan. Agar tidak ketahuan, mereka menyembunyikan dan menaruhnya di antara barang-barang mereka. Perbuatan dosa mereka itu telah menyebabkan orang Israel tidak dapat bertahan menghadapi musuhnya.

Karena itu, Tuhan menyuruh Yosua bangun dan memerintahkannya untuk menguduskan bangsa itu dan menyampaikan apa yang Tuhan ingin firmankan kepada mereka. Tuhan berfirman, agar orang Israel menjauhkan dari tengah-tengah mereka, barang-barang yang telah dikhususkan. Dan apabila tidak taat, mereka tidak akan pernah dapat bertahan menghadapi musuh mereka (ay. 13).

Bagian ini memberikan satu pelajaran kepada kita, bahwa dosa dapat mengakibatkan berkat-Nya berkurang, terhalang, atau hilang sama sekali dari kita. Apabila dosa itu dibiarkan dan tidak ditegur, maka pada akhirnya akan mendatangkan hukuman bagi kita (ay. 13).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s