Kota Perlindungan

Bacaan hari ini: Yosua 20:1-9
“…Tentukanlah bagimu kota-kota perlindungan, …sehingga kota-kota itu menjadi tempat perlindungan bagimu terhadap penuntut tebusan darah.” (Yosua 20:2-3)

Setelah diadakan pembagian tanah di antara suku-suku Israel, maka Tuhan memerintahkan kepada Yosua untuk menentukan kota-kota perlindungan. Kota perlindungan merupakan tempat berlindung bagi mereka yang tidak sengaja melakukan pembunuhan (ay. 3); dimana sang pelaku pembunuhan itu harus diterima oleh para tua-tua kota dan dilindungi di kota itu sampai ia dihadapkan kepada rapat jamaah untuk diadili, sampai imam besar di kota itu, mati. Maka, barulah pembunuh itu boleh pulang ke kotanya dan ke rumahnya, ke kota dari mana ia melarikan diri (ay. 6).

Keberadaan kota-kota perlindungan ini memperlihatkan kepada kita adanya keadilan dan kemurahan; dimana diharapkan supaya orang yang tidak sengaja melakukan kesalahan, dapat diadili dengan baik dan tidak diperlakukan semena-mena (main hakim sendiri). Apabila orang tersebut dinyatakan tidak bersalah, maka ia boleh tinggal di kota tersebut, tetapi apabila salah, maka ia akan dilepas untuk dihukum oleh penuntut darah.

Kota perlindungan merupakan gambaran tentang Yesus Kristus yang menjadi tempat perlindungan bagi kita (bdk. Ibr. 6:18-20, Mzm. 18:3, Ams. 18:10, dst.). Ketika orang berdosa datang dan berlindung kepada Tuhan Yesus, ia aman. Tetapi di luar Tuhan Yesus, maka ia binasa. Bahkan, bukan hanya itu, Daud dalam Mazmur 9:10 berkata, “Demikianlah Tuhan adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan.”

Sungguh satu penggambaran yang sangat indah, dimana kita yang percaya kepada-Nya, memiliki tempat untuk bersandar dan berharap. Kita bukan saja memiliki tempat perlindungan yang memberikan keselamatan bagi jiwa kita, tetapi juga memberikan kelegaan. Di tengah pergumulan dan tantangan hidup yang tidak mudah, yang bahkan seringkali membuat kita merasa sesak, Tuhan menjanjikan perlindungan dan pengharapan bagi kita yang mau datang kepada-Nya. Seberapa berat pergumulan hidup kita hari ini, jangan berputus asa. Datanglah kepada-Nya, yang adalah tempat perlindungan kita.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s