Hakim Simson

Bacaan hari ini: Hakim-Hakim 13-15
“…Anak itu menjadi besar dan TUHAN memberkati dia.” (Hakim-Hakim 13:24)

Setelah Yefta memerintah sebagai Hakim atas orang Israel, selama enam tahun lamanya, kemudian matilah Yefta, orang Gilead itu. Lalu Allah membangkitkan Hakim Ebsan, Elon dan Abdon. Setelah ketiga Hakim ini mati, bangsa Israel kembali melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, karenanya, TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Filistin, empat puluh tahun lamanya.

Maka TUHAN Allah membangkitkan Simson dari Zora, dari keturunan Dan. Yang ajaib dari Panggilan TUHAN ini adalah, ibu dari Simson, mandul. Dalam Perjanjian Baru, kita diingatkan akan kesamaan dengan kelahiran Yohanes Pembaptis, dimana ibunya, Elizabeth juga mandul dan telah lanjut usia, tetapi TUHAN Allah memakai mereka dalam kehinaannya untuk pekerjaaan TUHAN, membebaskan bangsanya dari belenggu penjajahan bangsa lain. Kita dapat melihat bahwa TUHAN, dengan kedaulatan-Nya, berkuasa untuk merendahkan dan meninggikan siapa yang dikehendaki-Nya bagi kemuliaan-Nya sendiri.

Kesamaan lain yang dapat kita lihat, antara Simson dan Yohanes Pembaptis adalah, keduanya harus memiliki hidup kudus di hadapan TUHAN. Malaikat TUHAN berfirman, “…janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan/minuman keras, sebab ia akan menjadi Nazir Allah” atau dalam kasus Yohanes Pembaptis, ia penuh dengan Roh Kudus sejak dari rahim ibunya (Hak.13:7 bdk. Luk.1:15). Mengapa pengudusan sangat penting? Sebab Allah sendiri adalah kudus. Kekudusan Allah harus menjadi ciri kehidupan setiap orang percaya, pelayanan-Nya, atau bagi murid Kristus. Bagiamana dengan Anda?

Jika kita telah dikuduskan oleh darah Kristus, bukan berarti kemudian kita tidak perlu lagi memperjuangkan untuk hidup dalam kekudusan. Justru karena kita telah dikuduskan, maka kita harus hidup dalam kekudusan, sebagai wujud bahwa kita telah menjadi milik Allah yang tidak lagi hidup dalam dosa. Karena itu, hidup dan layanilah Allah dalam kekudusan, sebab Tuhan Allah kita adalah mahakudus.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s