Waspadalah, Setiap Kita Adalah “Simson”

Bacaan hari ini: Hakim-Hakim 16-18
“… Ya TUHAN Allah, ingatlah kiranya kepadaku dan buatlah aku kuat, sekali ini saja …” (Hakim-Hakim 16:28)

Setiap kita adalah anak Tuhan, dan Iblis pasti tidak suka, sehingga Iblis akan memakai berbagai cara untuk menjatuhkan iman kita, mempermalukan kesaksian kita, dan tujuan akhirnya, bukan hanya diri kita, tetapi juga untuk menggagalkan rencana Tuhan.

Dalam bagian ini dikisahkan, bahwa Simson memiliki kekuatan besar dari Tuhan untuk dapat menolong bangsanya, tetapi ia memiliki kelemahan terhadap lawan jenis. Karena itu, baik orang tuanya maupun hukum Taurat telah memperingatkannya, tentang hal ini. Sebagai seorang nazir, Allah pasti dengan berbagai cara mengingatkan Simson tentang identitasnya, tugasnya, kewaspadaannya terhadap kelemahannya. Sayang dalam hal ini, Simson gagal, gagal sebagai seorang nazir Allah, gagal dalam godaan dan gagal dalam tugas membela Israel.

Hari ini sebagai anak Tuhan, kita juga memiliki tugas penting yang Tuhan telah percayakan kepada setiap kita (Amanat Agung); kita juga telah diberikan karunia Roh Kudus, namun demikian, kita masih hidup di dalam kedagingan manusia lama kita, sehingga kita diingatkan agar, “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah” (Mat. 26:41). Rasul Paulus juga mengatakan, “Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging karena keduanya bertentangan sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki” (Gal. 5:17). Sebagai manusia, wajar bila kita memiliki beberapa kebutuhan yang bersifat dunia/daging, tapi kita harus berhati-hati, karena manusia lama kita gampang sekali berkompromi dalam mencari kepuasan belaka, sebagai tujuan hidup yang paling tinggi, dan hal ini sering dipakai Iblis untuk menjatuhkan kita. Iblis tahu persis kelemahan kita dan bagaimana cara menjatuhkan diri kita. Iblis telah menjatuhkan Simson. Bagaimana dengan kita? Karena itu, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya” (1Ptr. 5:8).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s