Berlakulah Setia kepada Tuhan

Bacaan hari ini: 1 Raja-Raja 2:1-4
“Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, …. supaya engkau beruntung …” ( 1 Raja-Raja 2:3)

Bagian yang kita baca merupakan pesan terakhir Daud pada Salomo, raja yang akan menggantikan Daud memerintah di Israel. Apa yang Daud harapkan dari Salomo? Daud mengharapkan Salomo berlaku setia terhadap TUHAN, sehingga dirinya akan beruntung dalam hidupnya.

Bagaimanakah caranya agar Salomo untuk berlaku setia terhadap TUHAN? Daud menasihati agar Salomo hidup menurut jalan yang telah ditunjukkan kepadanya, mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa. Hal ini telah dilakukan oleh Daud sebagai raja yang memerintah di Israel. Dengan mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya (meski tidak dapat dipungkiri, Daud juga pernah jatuh dalam dosa), Daud sering mengalami pertolongan dan pemeliharaan TUHAN. Dalam keadaan yang sangat sulit sekalipun, TUHAN tidak meninggalkan Daud. Bahkan, dalam keputusasaan yang hebat, TUHAN menguatkan dan memberikan jawaban atas doa Daud, sehingga ia beroleh kelepasan. Pengalaman yang Daud alami ini hanya dapat dialami oleh mereka yang berlaku setia terhadap TUHAN. Daud sangat mengharapkan agar Salomo pun dapat berlaku setia terhadap TUHAN, sehingga ia dapat merasakan pertolongan serta penyertaan TUHAN atas hidupnya.

OBagian ini mengajarkan kepada orang Kristen masa kini untuk berlaku setia kepada TUHAN. Berlaku setia kepada TUHAN pada masa ini mungkin diartikan sebagai kesetiaan mengikuti ritual ibadah dan keagamaan yang ada, misalnya: rajin berdoa, rajin beribadah, mengambil bagian di dalam pelayanan, memberikan persembahan, memperhatikan mereka yang kekurangan, dsb. Meskipun aktivitas itu penting dan perlu, namun yang dimaksudkan berlaku setia kepada TUHAN, adalah lebih kepada mengikuti perintah dan ketetapan TUHAN, sebagaimana tercantum di dalam Alkitab yang adalah Firman Allah. TUHAN menghendaki agar setiap orang yang percaya kepada-Nya, memahami dan mengikuti kehendak-Nya sesuai dengan Firman-Nya. Maukah Anda?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s