Hati yang Penuh Hikmat dan Pengertian

Bacaan hari ini: 1 Raja-Raja 3
“Lalu adalah baik di mata Tuhan bahwa Salomo meminta hal yang demikian.” (1 Raja-raja 3:10)

Ketika membaca kisah Salomo ini, pernahkah kita bertanya dalam hati, “Andai, Tuhan mengajukan pertanyaan yang sama kepadaku, apa yang aku minta?” Mungkin kita akan minta diberkati secara materi dan rohani, keluarga dilindungi dari yang jahat, meminta kecakapan dalam melakukan pekerjaan, dsbnya. Tapi yang pasti kita tidak akan terpikir untuk meminta seperti yang diminta oleh Salomo?!

Melihat kondisi Salomo yang masih muda dan baru menjadi raja, seyogianya ketika Tuhan memberikan kesempatan kepadanya untuk meminta, bukankah seharusnya dia meminta umur panjang, takhta yang kekal dan kokoh, kekuatan militer yang kuat sehingga musuh-musuhnya dapat dengan gampang ditaklukkan. Tetapi bukan itu yang diinginkan oleh Salomo. Dia justru meminta hati yang penuh hikmat untuk dapat memimpin bangsanya dengan baik. Dengan kata lain, Dia meminta hati yang bisa membedakan mana yang benar dan salah di hadapan Tuhan.

Jarang sekali kita menemukan orang yang ingin memiliki hati yang mau berkenan kepada Tuhan dalam hidupnya, seperti Salomo. Hati yang bisa menimbang mana yang benar dan salah, mana yang adil dan tidak, mana yang baik dan buruk. Buktinya, dalam doa-doa kita, yang sering kita minta adalah berkat secara materi, kesehatan, umur panjang, keberhasilan dan sebagainya. Tidak heran, kalau Tuhan senang mendengar permintaan Salomo ini, bahkan kemudian Tuhan memberikan kepadanya bonus berkat lainnya, yang bahkan tidak dimintanya.

Dalam hidup ini, ketika kita memilih mencari kehendak Tuhan lebih dahulu, memiliki hati yang berhikmat, tahu mana yang baik dan tidak, maka Tuhan pun akan menambahkan kepada kita berkat-berkat yang melampaui apa yang pernah kita pikirkan dan harapkan. Harta, kekuatan, umur yang panjang, pada akhirnya akan hilang dan habis, tetapi hati yang berhikmat akan menuntun kita menjalani hidup yang singkat ini dengan baik. Firman Tuhan dalam Matius mengatakan, “Carilah dahulu Kerajaan Allah, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu.”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s