Taat dan Berkat

Bacaan hari ini: 1 Raja-Raja 11
“Sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari tangan Salomo … sebabnya ialah karena ia telah meninggalkan Aku…” (1 Raja-Raja 11:31-32)

Memiliki banyak berkat merupakan keinginan setiap orang, baik berupa materi, maupun berkat lain seperti hikmat dan kepintaran, ataupun hati yang dipenuhi dengan sukacita dan damai sejahtera. Ada orang yang berusaha untuk mendapatkan berkat dengan cara pergi ke tempat-tempat pemujaan tertentu dan meminta roh-roh dari leluhur untuk memberkati mereka. Itu merupakan sesuatu yang mendukakan hati Tuhan.

Tuhan menginginkan manusia untuk menyembah hanya kepada-Nya, yang kita kenal di dalam Yesus Kristus, bukan kepada kekuatan-kekuatan yang lain. Tuhan menginginkan manusia mengenal Dia dan kehendak-Nya, karena dengan melakukan kehendak Tuhan, maka berkat-berkat yang dibutuhkan akan dicurahkan.

Ketika memperhatikan kehidupan Salomo, kita belajar bahwa semua berkat yang ia miliki, datang dari Tuhan. Berkat-berkat itu diberikan karena kasih karunia, mengingat perjanjian Tuhan dengan Daud. Tuhan memberi dengan murah hati; namun seharusnya berkat-berkat itu dinikmati dengan penuh ketaatan kepada kehendak-Nya. Sayangnya, Salomo tidak taat. Ia menikahi wanita-wanita yang tidak seiman dan menyembah dewa-dewa yang disembah oleh para istrinya. Tuhan mengasihi Salomo, sehingga Ia menghajarnya. Tuhan mengizinkan hadirnya Hadad, Rezon, dan Yerobeam (1Raj. 11:14, 23, 26) untuk menyerang sebagai pernyataan tindakan Tuhan atas ketidaktaatan Salomo. Dan pada akhirnya, kerajaan terpecah menjadi dua, akibat ketidaktaatan Salomo (1Raj. 11: 30-36).

Dalam kehidupan sehari-hari, kadang orang berpikir mengenai Tuhan hanya pada satu sisi saja, yaitu bahwa Allah penuh dengan kasih karunia. Orang melupakan sisi yang lain, bahwa Allah juga adil. Tuhan yang adil tidak akan membiarkan aturan-Nya dilanggar. Karena itu, kadang dalam kehidupan orang percaya, Tuhan menegur melalui berbagai macam cara, untuk membuat seorang yang percaya itu dapat kembali mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati dan taat kepada kehendak-Nya. Kiranya Tuhan menolong kita untuk menaati kehendak-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s