Kepemimpinan Asa

Bacaan hari ini: 1 Raja-Raja 15:9-15
“Asa melakukan apa yang benar di mata TUHAN seperti Daud, bapa leluhurnya.” (1 Raja-Raja 15:11)

Sebagai warga kota Surabaya, tentulah kita mengenal sosok seorang pemimpin Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini, yang kita sapa “Ibu Risma.” Pada 18 Juni 2014, dalam kepemimpinannya, beliau telah berhasil menutup kawasan Prostitusi terbesar se-Asia Tenggara, karena tidak sesuai dengan peraturan daerah. Demikian juga dengan kepemimpinan Raja Asa. Dalam masa kepemimpinannya selama 41 tahun atas Yerusalem, (1) ia menyingkirkan pelacuran bakti dari negeri itu; (2) ia menjauhkan segala berhala yang dibuat nenek moyangnya; (3) ia memecat Maakha, neneknya dari pangkat ibu suri, karena neneknya itu telah membuat patung Asyera yang keji; (4) ia merobohkan patung Asyera dan membakarnya di lembah Kidron.

Ada beberapa hal penting yang dapat kita pelajari dari pelajaran kepemimpinan Asa. Pertama, Raja Asa melakukan apa yang benar di mata TUHAN. Melakukan yang benar di mata TUHAN artinya, Asa melakukan apa yang menjadi peraturan, ketetapan dan kehendak TUHAN (ay. 12-14). Jadi, Asa adalah seorang yang lebih memilih untuk taat kepada kehendak TUHAN. Kedua, raja Asa adalah seorang pemimpin yang tidak kompromi dengan dosa. Dia berani memecat neneknya dari pangkat ibu suri karena neneknya itu membuat patung Asyera yang keji. Ketiga, Raja Asa adalah seorang yang memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Ia menyingkirkan pelacuran bakti (prostitusi) dari Yerusalem. Dan yang keempat, Asa adalah seorang raja yang takut akan TUHAN. Alkitab mencatat bahwa Raja Asa beribadah kepada TUHAN. Dia memberikan persembahannya kepada TUHAN. Dia tidak melupakan TUHAN dalam kepemimpinannya.

Itu adalah kepemimpinan Raja Asa. Bagaimana kepemimpinan Anda? Bagaimanakah kepemimpinan Anda dalam keluarga Anda? Bagaimana kepemimpinan Anda di tempat kerja? Bagaimana kepemimpinan Anda dalam masyarakat? Bagaimana kepemimpinan Anda di tempat pelayanan Anda? Jadilah pemimpin yang melakukan kehendak TUHAN, dan yang tidak kompromi dengan dosa.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s