Allah Menyatakan Diri

Bacaan hari ini: 1 Raja-Raja 19-20
“… Dan sesudah itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa.” (1 Raja-Raja 19:12)

Elia baru mengalami kemenangan yang gemilang melawan nabi-nabi Baal. Namun demikian, hal itu menyebabkan Ratu Izebel, murka. Ia mengancam akan membunuh Elia. Rupanya ancaman itu membuat Elia pergi menyelamatkan nyawanya.

Pengalaman di puncak gunung Karmel sangatlah berbeda dengan pengalaman di antara gua-gua berbatu, Gunung Horeb. Elia, orang yang doanya dijawab oleh TUHAN dengan menurunkan api dari langit, kini lari ketakutan dan sembunyi karena kemarahan seorang perempuan, Izebel. Di dalam kesendirian dan kesepian itu (krisis rohani), Allah mengunjungi Elia untuk memberikan semangat dan memperkuat iman Elia. Kunjungan ini disertai dengan angin besar, gempa bumi dan api, tetapi TUHAN tidak ada di dalam semua peristiwa itu. Penyataan Allah malah datang dengan bentuk “angin sepoi-sepoi basa” atau “kesunyian yang lemah lembut” (lih. Kej 8:1). Tuhan sendiri kini berbicara dalam ketenangan. Suara tenang lembut memanggil Elia dari dalam gua, tempatnya bersembunyi, untuk berhadapan langsung dengan Allah. Elia belajar bahwa karya Allah terus bergerak maju. Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatannya, melainkan dengan Roh-KU, Firman Tuhan semesta alam. Allah sesungguhnya tidak meninggalkan nabi atau umat-Nya yang setia.

Elia bangkit, ia kembali melayani TUHAN dengan setia. Ia tidak lagi berfokus pada diri dan kesulitannya, tetapi berfokus kepada TUHAN. Dengan segenap hati, ia melaksanakan tugas dan panggilan Allah. Semua orang bisa mengalami krisis rohani, tanpa kecuali! Oleh sebab itu kita harus waspada dan berdoa agar ketika kita diijinkan untuk menghadapi berbagai pencobaan, kita tidak jatuh. Oleh karena itu, janganlah kita mengarahkan pandangan hanya pada diri dan situasi semata, tetapi arahkanlah hati dan pikiran kita kepada Allah. Karena dalam Filipi 4:13 tertulis: “Segala perkara dapat kutanggung di dalam DIA yang memberi kekuatan kepadaku.” Jika demikian, bagaimana dengan Anda hari in? Serahkanlah bebanmu pada Tuhan dan percayalah pada segala rencana-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s