Percaya kepada Nubuat

Bacaan hari ini: 2 Raja-Raja 7:1-20
“Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?, tetapi Elisa berkata: Sesungguhnya engkau akan melihatnya …” (2 Raja-Raja 7:19)

2 Raja-raja 7:19-20 merupakan sebuah kesimpulan dari pasal 7 yang menegaskan bahwa nubuatan nabi Elisa pasti akan terjadi. Dalam ayat pertama, nabi Elisa mengatakan: “Dengarlah firman TUHAN. Beginilah firman TUHAN: Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria.” Pada waktu mendengar nubuat itu, perwira raja meresponnya dengan perkataan: “Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi” Lalu nabi Elisa kembali merespon perwira tersebut dengan perkataan: “Sesungguhnya engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya.” Yang artinya, bahwa perwira itu akan melihat kejadian yang dinubuatkan nabi Elisa, tetapi tidak akan sempat untuk memakan tepung dan jelai yang harganya sudah menjadi sangat mahal itu. Mengapa perwira ini harus mengalami hal yang mengenaskan?

Apabila kita berusaha memahami respon perwira itu ketika mendengar nubuat nabi Elisa, maka kita mengerti bahwa perwira tersebut meragukan akan kemahakuasaan Allah, sehingga jawabnya, “Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?” Ini menandakan perwira itu berkata bahwa nubuatan Elisa itu bohong, karena Allah tidak mungkin mampu untuk membuat harga makanan menjadi mahal, sekalipun Dia yang menciptakan langit.

Dari pasal ini kita bisa mempelajari bahwa segala nubuat/firman yang diberikan Allah, dapat kita percaya, walaupun kita mungkin tidak mengerti. Di dalam Alkitab, kita membaca ada banyak sekali nubuat-nubuat dan janji-janji Allah. Sebagian sudah digenapi, namun ada beberapa yang belum digenapi. Sebagai umat-Nya, marilah kita terus percaya dan memegang nubuatan-nubuatan yang telah Allah berikan dalam Alkitab; sehingga akhirnya kita akan melihat nubuat itu digenapi dan menikmati segala yang baik yang telah Tuhan janjikan bagi kita, umat-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s