Kenaikan Yesus ke Sorga

“Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.” (Lukas 24:51)

Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga memiliki beberapa signifikansi yang menyatakan identitas dan peran-Nya dalam karya keselamatan, setelah Ia menyelesaikan karya penebusan. Signifikansi itu adalah:

Pertama, “berdiri di sebelah kanan Allah” (Kis. 7:56). Istilah ini menjelaskan status agung dari Tuhan kita, bukan saja Ia menjadi pengantara antara kita dengan Allah Bapa, tetapi juga menyatakan kuasa yang dimiliki-Nya (bnd. Mat. 28:18). Istilah ini juga berarti bahwa “Ia adalah Raja yang memerintah” (1Kor. 15:25).

Kedua, “menyediakan tempat bagimu” (Yoh. 14:1-3). Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga memberikan pengharapan dan kebenaran akan janji-Nya menyediakan tempat bagi orang-orang yang percaya pada-Nya. Ini berarti, hanya Tuhan Yesus yang naik ke sorga sajalah yang mampu memberikan kepastian hidup kekal dan persekutuan dengan Bapa. Yesus yang naik ke sorga adalah satu-satunya jalan menuju kepada Bapa dan yang berhak membuka pintu bagi mereka, seperti kata-Nya, “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal” (Yoh. 14:2).

Ketiga, “menghadirkan Penolong yang lain” (Yoh. 16:5-11). Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga tidak berarti berakhirnya persekutuan para murid dengan Tuhannya, melainkan menyatakan satu babak baru dan tugas baru yang perlu dikerjakan oleh mereka dengan hadirnya Roh Kudus (bnd. Kis. 1:8). Di sinilah kita melihat keagungan Allah Tritunggal yang Esa, yang menyatakan anugerah dan karya keselamatan-Nya bagi umat manusia.

Keempat, kenaikan-Nya menyatakan kedatangan-Nya kembali (Kis. 1:11). Tidak ada seorangpun memiliki hak istimewa untuk naik ke sorga dan datang kembali untuk menghakimi manusia, kecuali Tuhan Yesus. Banyak orang kudus naik ke sorga, tetapi mereka tidak memiliki hak untuk datang kembali, apalagi kuasa untuk menghakimi (2Tim. 4:8). Hanya Yesus saja yang berhak, sebab Dialah Anak Allah, Sang Mesias.

Karena itu, marilah kita bersyukur memiliki Allah Tritunggal dan karya penebusan Tuhan kita, Yesus Kristus!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s