Kedaulatan Allah

Bacaan hari ini: Ezra 1-2
“Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia …” (Ezra 1:1-2)

Kitab Ezra menceritakan sejarah Israel yang kembali ke tanah air mereka. Setelah sekian lama mereka dibuang, sekarang mereka mempunyai kesempatan tinggal di tanah yang Tuhan janjikan. Penderitaan bangsa Israel sekarang akan berganti menjadi sukacita. Mereka yang dulu tidak dapat menyembah TUHAN di Yerusalem, sekarang dapat menyembah-Nya di Yerusalem. Pertanyaannya, bagaimanakah hal itu dapat terjadi? Bagaimana mereka memiliki kesempatan untuk kembali ke tanah air mereka? Apakah mereka memberontak dan menang melawan kerajaan Persia yang menawan mereka?

Ezra 1:1 memberi tahu kita jawabannya. Dikatakan, bahwa karena TUHAN, Israel dapat pulang kembali ke Yerusalem. TUHAN memakai Koresh untuk membangun kembali Yerusalem dan membiarkan orang Israel menyembah TUHAN. Tepat seperti apa yang telah dinubuatkan oleh nabi Yeremia. Jadi yang memegang peranan penting dalam pembebasan Israel adalah TUHAN, bukan Israel, ataupun raja Persia Koresh. Jika kita cermati lebih lanjut, adalah suatu hal yang di luar kemampuan manusia untuk membuat Israel dapat kembali ke Yerusalem. Kita lihat dari sisi raja Koresh; bagaimana mungkin dia punya hati yang begitu baik melepaskan Israel kembali ke Yerusalem? Jawabannya karena TUHAN menggerakkan hatinya. Lalu dari sisi Israel, bagaimana mungkin bangsa yang ditindas itu dapat lepas dengan mudah kembali ke Yerusalem? Tidak ada perang, tidak ada tulah-tulah seperti yang Musa lakukan untuk melepaskan Israel? Semuanya terjadi karena tangan Allah yang menggerakkan raja Koresh.

Dari bagian firman Tuhan yang kita baca hari ini, kita belajar: (1) tidak boleh menyombongkan diri. Segala yang manusia dapatkan, sesungguhnya itu tidak berasal dari manusia, melainkan dari Allah. (2) Allah selalu menepati janjiNya. Apa yang Tuhan sudah firmankan, baik melalui nabi maupun secara langsung, pasti akan terjadi. (3) Allah dapat memakai pemimpin-pemimpin yang tidak percaya Tuhan untuk menjadi berkat bagi umat Tuhan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s