Mengucap Syukur kepada Allah

Bacaan hari ini: Ezra 3-5
“Ketika tiba bulan yang ketujuh, setelah orang Israel menetap di kota-kotanya, maka serentak berkumpullah seluruh rakyat di Yerusalem. Maka mulailah … membangun mezbah Allah Israel …” (Ezra 3:1-2)

Pembacaan Alkitab kita hari ini berbicara mengenai pembangunan bait Allah di Yerusalem. Setelah orang Israel diizinkan raja Koresh kembali ke Yerusalem, maka mereka segera bersiap membangun kembali bait Allah sebagai pusat ibadah mereka. Namun yang menarik, sesaat sebelum mereka membangun bait Allah, dan sesaat setelah mereka kembali dari Persia, orang-orang Israel mempersembahkan korban bakaran kepada Allah. Mereka tidak langsung membangun bait Allah pada waktu mereka sampai di Yerusalem. Mereka justru membangun mezbah bakaran. Hal ini sungguh indah. Hal ini menunjukkan bahwa orang Israel tahu dan sadar bahwa mereka dapat pulang kembali ke Israel bukan karena kehebatan mereka, melainkan karena kasih Tuhan kepada mereka. Oleh karena itu mereka mempersembahkan korban bakaran sebagai wujud syukur mereka kepada Allah. Sebagai orang-orang percaya, seharusnya kitapun memiliki hati yang bersyukur seperti orang Israel yang mempersembahkan korban bakaran tersebut. Hati yang bukan hanya mau menerima berkat dari Tuhan. Hati yang bukan hanya percaya bahwa Tuhan akan menepati janji-Nya. Tetapi biarlah kita pun mau memiliki hati yang mau mengucap syukur kepada Tuhan pada waktu berkat yang Tuhan janjikan digenapi dalam hidup kita.

Kita dapat mengucap syukur bukan saja dalam hal-hal yang besar, melainkan juga dalam hal-hal yang kecil. Kita harusnya bersyukur jika setiap hari masih bisa bernafas dan hidup dengan sehat. Kita seharusnya bersyukur pada waktu melihat keluarga kita baik-baik. Kita seharusnya bersyukur masih mempunyai pekerjaan dan lain sebagainya. Namun pertanyaannya, adakah kita menganggap semua itu adalah berkat dari Tuhan? Ataukah kita menganggap hal-hal kecil itu sudah sewajarnya kita dapatkan sebagai manusia? Marilah saat ini kita belajar untuk mengucap syukur kepada Tuhan. Mengucap syukur untuk hal-hal kecil yang Tuhan berikan. Mengucap syukur juga untuk hal-hal besar yang Tuhan berikan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s