Pemimpin Visioner

Bacaan hari ini: Nehemia 1:1-11
“… Tembok Yerusalem telah terbongkar dan pintu-pintu gerbangnya telah terbakar.” (Nehemia 1:3)

Nehemia bin Hakhalya memiliki profesi sebagai juru minuman raja (ay. 11). Profesi ini menunjukkan bahwa Nehemia adalah seorang yang berkedudukan tinggi dan penting, yang mempunyai akses cukup dekat kepada raja.

Suatu ketika, beberapa orang yang pergi bersama dengan rombongan Ezra kembali ke Persia dan berjumpa dengan Nehemia, dan Nehemia bertanya kepada mereka tentang kondisi kehidupan dan kota Yerusalem. Mereka menyampaikan kepada Nehemia apa yang terjadi, dan penjelasan mereka menimbulkan reaksi jiwa yang dramatis; dia duduk, dia berkabung, dia berpuasa, dan dia berdoa kepada Allah. Ada rasa kepedulian yang dalam terhadap kesejahteraan Yerusalem, kota suci dan orang-orang yang tinggal di sana. Berita yang disampaikan oleh Hanani memberi gambaran yang suram, dan itu membuat Nehemia meratap. Dari dalam hatinya, muncul suatu beban untuk bergumul di hadapan Tuhan. Dia tahu bahwa apa yang dialami umat adalah karena dosa mereka sendiri, yang tidak setia kepada-Nya. Namun Nehemia juga melihat suatu harapan baru, bahwa Tuhan akan memulihkan kondisi Yerusalem. Itulah VISI!

Nehemia kemudian meminta izin dari raja untuk pulang ke Yerusalem dan membangun kembali kota itu, dan raja menyetujuinya. Dia kembali ke Yerusalem dan mempelajari dengan seksama, bagaimana mengerjakan rencana yang diberikan Allah dalam hatinya (Neh. 2:12). Visi ini kemudian dibagikan kepada para penguasa setempat, dan mereka meresponinya dengan semangat yang positif, sekalipun ada musuh yang mencemooh, bahkan mencoba untuk meruntuhkan semangat mereka.

Kondisi kota Yerusalem sebenarnya sudah seperti itu selama beberapa puluh tahun, dan tidak ada yang peduli. Tapi ketika kairos dari Allah tiba, maka Allah menaruh panggilan itu dalam diri seseorang untuk menjadi pemimpin. Bukan pemimpin biasa, tapi pemimpin visioner! Pemimpin yang menangisi kondisi dan melihat sebuah harapan pemulihan, dan yang berani bayar harga untuk melihat harapan itu terwujud!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s