Piagam Perjanjian Israel kepada Tuhan

Bacaan hari ini: Nehemia 10:1-39
“… Kami tidak akan membiarkan rumah Allah kami.” (Nehemia 10:39)

Setelah bangsa Israel menetap di kota-kota mereka (ps. 8:1), maka pada bulan ketujuh, hari yang keduapuluh empat (ps. 9:1), mereka berkumpul bersama, mendengarkan orang-orang Lewi membaca-kan Taurat dan berseru di hadapan TUHAN, bahwa hanya kepada TUHAN lah Israel harus menyembah dan taat, sebab Dialah yang telah memelihara nenek moyang mereka sampai ke tanah yang mereka tempati.

Maka pada hari itu, para pemimpin rohani mereka, orang-orang Lewi dan para imam mengadakan sebuah perjanjian yang teguh, yang dicatat dan bermeterai, sebagai wujud keseriusan mereka menaati dan setia pada TUHAN saja (ps. 10:38-11:39). Tujuan dari perjanjian ini adalah:

(1) Mengingatkan kepada bangsa Israel serta keturunannya, bahwa TUHAN itu adalah Allah mereka, yang telah menuntun nenek moyang mereka keluar dari tanah Mesir, dan memberikan tanah perjanjian kepada mereka, yang sekarang mereka miliki. Karena itu, mereka harus setia dan taat kepada Tuhan dan firman-Nya. Momentum ini dibuat, agar bangsa Israel yang telah menempati kota-kota mereka serta keturunannya, tidak meninggalkan TUHAN Allah mereka. Apa aplikasinya bagi kita? Ingatkan anak-cucu kita untuk takut akan Tuhan, bahkan bangunlah persekutuan keluarga, agar mereka selalu ingat, bahwa oleh kebaikan Tuhan sajalah, keluarga Anda menikmati berkat-Nya.

(2) Mengingatkan mereka agar memperhatikan ibadah dan rumah TUHAN. Rumah TUHAN adalah tempat di mana mereka mendengar firman Tuhan dan menjalankan ibadah kepada-Nya. Karena itu, mereka harus memperhatikannya dengan baik. Sebagai wujud kasih kepada TUHAN, maka mereka memberikan persembahan dan kewajiban mereka ke dalam rumah Tuhan. Itulah alasan mereka berkata: “Kami tidak akan membiarkan rumah Allah kami!” (ay. 39). Demikian pula kita, perhatikanlah ibadah kita dan kebutuhan gereja Tuhan. Apa saja yang menjadi kebutuhannya, marilah kita mendukungnya sebagai rasa syukur kita atas segala berkat yang telah dilimpahkan-Nya!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s