Siapakah Manusia?

Bacaan hari ini: Mazmur 8
“Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi.” (Mazmur 8:10)

Mazmur 8 ini singkat, namun sangat indah, menyatakan kemuliaan Allah melalui ciptaan-Nya yang sangat agung. Keagungan ciptaan Tuhan bisa dilihat melalui:

(1) Iman seorang anak kecil, yang dipakai Tuhan untuk mengalahkan mulut musuh-musuh yang sombong. Dalam PB Tuhan Yesus menghendaki agar kita memiliki iman seperti seorang anak. Kita tahu bahwa iman seorang anak adalah percaya dengan tulus, tanpa ragu-ragu, dan langsung melakukan apa yang diajarkan oleh orang tuanya, atau gurunya; iman yang ceria, berharap, berbuat, berani bersaksi. Itulah iman yang mengalahkan musuh-musuh kita. Bukan pada “iman” itu sendiri, melainkan pada “Pribadi” yang diimani. Apakah kita memiliki iman seorang anak?

(2) Melihat fenomena yang luar biasa dari ciptaan Tuhan, baik langit di atas, maupun bumi di bawah dan segala kejadian yang dapat dilihat/dialami orang percaya. Orang percaya melihat semua hal itu dari kacamata iman, bahwa Allah berkuasa dalam segala sesuatu, besar maupun kecil, jauh maupun dekat, dan mendatangkan kebaikan/keagungan, bagi orang yang percaya. Apakah kita memahami setiap kejadian dari aspek iman?

(3) Allah pun dimuliakan melalui perenungan dan kerinduan manusia. Hanya manusia ciptaan Allah yang memiliki gambar dan rupa Allah yang dapat membangun relasi yang benar dengan Allah, melalui karya kesela-matan dalam diri Yesus Kristus. Karena itu, tatkala manusia menerima semua ini, ia gentar di hadapan Allah, dia merendahkan dirinya dan sadar bahwa dirinya tidak layak untuk mendapatkan apa pun juga di hadapan-Nya. Semua hanya karena anugerah Allah semata. Karena itu, semua manusia harus setia di hadapan Allah. Kita diberikan anugerah, kita harus mempertanggungjawabkan setiap anugerah yang Allah berikan kepada kita, jangan kita sia-siakan! Memang kita lemah dan sering jatuh di dalam dosa, namun dengan bersandar pada kasih setia Tuhan senantiasa, kita pun dimampukan untuk setia, bertanggung jawab, dan memuliakan nama-Nya dalam segala hal yang kita perbuat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s