Menjaga Integritas

Bacaan hari ini: Mazmur 11
“Apabila dasar-dasar dihancurkan, apakah yang dapat dibuat oleh orang benar itu.” (Mazmur 11:3)

Dalam perjalanan hidup kerohanian kita, kita menghadapi berbagai pencobaan dan kesulitan. Ada banyak tawaran jalan keluar yang diberikan kepada kita, namun ada juga yang merupakan pemikiran kita. Dengan dasar apa kita mengambil keputusan tersebut?

Dalam Mazmur 11 ini kita melihat, bahwa dalam sepanjang hidupnya, Daud mengalami begitu banyak pergumulan, penganiayaan, pencobaan, dan lain sebagainya, dan ada begitu banyak nasihat orang yang diberikan kepada dia. Tetapi di sini kita melihat sebuah teladan dari Daud. Ada orang-orang yang memberikan nasihat kepada Daud untuk melarikan diri, meninggalkan semua masalahnya seperti burung terbang jauh ke pegunungan. Apabila kita tidak tahu permasalahannya, mungkin nasihat seperti itu, sepintas lalu kelihatannya baik dan enak didengar. Namun di balik nasihat tersebut, Daud sadar bahwa itu mempertaruhkan integritas imannya. Bila Daud hidup untuk dirinya, melarikan diri dari musuh-musuh dan permasalahannya, maka semuanya akan beres. Namun Daud ada dan hidup, bukan untuk dirinya, melainkan ia adalah seorang pilihan Allah, dan Allah memiliki rencana atas semua pencobaan yang dialami oleh Daud. Daud tidak boleh melarikan diri. Hati sebagai dasar iman kepercayaannya kepada Allah tidak boleh takut dan hancur, tapi justru harus menguatkan diri tatkala dirinya takut (Mzm. 56:34).

Demikian juga dengan kita, dalam perjalanan rohani kita, tatkala kita menghadapi tantangan hidup, janganlah kita melarikan diri, atau mencari cara duniawi untuk mengatasi pergumulan hidup kita itu. Kiranya mata kita senantiasa tertuju kepada Allah; seperti Daud, yang percaya pada kuasa dan kemahatahuan Allah, yang menyelidiki hati setiap manusia. Karena itu, kita tidak perlu takut pada orang jahat yang berpura-pura baik, atau musuh dalam selimut, situasi ekonomi maupun dunia, bahkan para penguasa yang lalim. Karena Tuhan yang bertakhta di sorga, adalah Tuhan yang juga hadir di tengah dunia untuk menyelidiki hidup manusia, sehingga semua orang dikenal dan diketahui oleh-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s