Kemuliaan Tuhan

Bacaan hari ini: Mazmur 19
“Langit menceritakan kemuliaan Allah…” (Mazmur 19:2)

Pemazmur yang mengekspresikan keagungan dan kemuliaan Tuhan melalui pekerjaan tangan-Nya (ay. 1-7) dan Taurat-Nya (ay. 8-15).

(1) Langit dan cakrawala menceritakan kemuliaan Tuhan. Siapakah yang menciptakan matahari, bulan dan bintang, adanya siang dan malam, serta keteraturan seluruh sistem tata surya? Dengan bangga Pemazmur menegaskan keberadaan alam semesta yang indah ini adalah pekerjaan tangan-Nya. Tidak ada sesuatu pun yang ada di alam semesta ini yang tidak dikerjakan oleh tangan-Nya. Melalui Mazmur ini, kita diajarkan untuk membesarkan nama Tuhan karena keindahan penciptaan-Nya. Setiap kali kita melihat pancaran matahari, bulan dan bintang, serta keindahan cakrawala yang menghiasi kehidupan kita, marilah kita kembalikan segala kemuliaan bagi-Nya. Hari demi hari, tidak henti-hentinya kita menceritakan dan memuji keagungan dan kemuliaan-Nya.

(2) Kesucian Taurat-Nya melukiskan kemuliaan-Nya. Bukan hanya alam semesta dan segala isinya menceritakan kemuliaan-Nya, Pemazmur juga mengagumi dan memuji Tuhan karena kesucian Taurat-Nya. Taurat merupakan firman Tuhan yang bermuatan hukum moral, spiritual dan norma-norma hidup yang berguna bagi kehidupan manusia. Taurat adalah “titah” atau “peraturan” dari Allah untuk umat-Nya. Melalui imam dan nabi, Taurat Tuhan dapat diajarkan dan disampaikan kepada bangsa Israel untuk ditaati, karena Taurat Tuhan berakar dalam perjanjian yang diikrarkan Tuhan dengan umat-Nya. “Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku” (Yer. 31:33). Jika mereka menaati Taurat-Nya, maka Tuhan akan memberkati mereka.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s