Doa Permohonan

Bacaan hari ini: Mazmur 20
“Kiranya diingat-Nya segala korban persembahanmu…” (Mazmur 20:4)

Doa tidak hanya sekadar meminta kepada Tuhan, doa juga merupakan bagian dari ibadah seseorang kepada-Nya. Dengan kata lain, doa adalah kegiatan rohani yang semestinya dilakukan setiap orang. Mazmur bagian ini mengajak umat untuk menaikkan doa bagi raja atau pemimpin mereka. Kebahagiaan, keamanan dan kesejahteraan rakyat sangat diperlukan dalam sebuah negara. Negeri bagian Yehuda sering mengalami ancaman musuh, maka raja Yerusalem perlu mendapat dukungan doa dalam menjaga rakyatnya.

(1) Kiranya Tuhan menjawab engkau pada waktu kesesakan. Istilah kesesakan sering muncul dalam Mazmur bagian lain (Mzm. 4:1; 9:9), yang menunjukkan keadaan seseorang dalam kesulitan, ibarat orang kesulitan bernafas. Untuk keluar dari kesesakan, hanya kepada Tuhan mereka berteriak minta tolong. “Ketika aku dalam kesesakan, aku berseru kepada TUHAN, kepada Allahku aku berteriak minta tolong. Ia mendengar suaraku dari bait-Nya, teriakku minta tolong kepada-Nya sampai ke telinga-Nya” (Mzm. 18:6). Mereka percaya hanya Allah Yakub, Allah nenek moyang mereka yang dapat membentengi mereka.

(2) Kiranya dikirimkan-Nya bantuan kepadamu dari tempat kudus dan dikosongkan-Nya engkau dari Sion. Berkat pertolongan akan diberikan kepada mereka yang berseru dan memanggil Allah Yakub yang berse-mayam di tempat kudus di Sion. Tuhan Allah berkenan hadir, meski Tuhan sendiri diam di sorga. “Allah kita di sorga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya” (Mzm. 115:3; bdk. Ul. 4:36; 26:15). Tetapi Ia juga memilih suatu tempat untuk membuat nama-Nya diam di situ (Ul. 18:11; 14:23), juga di dalam rumah yang didirikan bagi-Nya (2Sam. 7:13), dan Ia juga berkenan dipanggil untuk hadir di situ menyertai umat-Nya.

(3) Kiranya diingat-Nya segala korban persembahanmu dan mengin-dahkan apa yang kau kehendaki. Pemazmur begitu yakin bahwa Allah akan memenuhi kebutuhan raja. “Ya TUHAN, berikanlah kemenangan kepada raja! Jawablah kiranya kami pada waktu kami berseru!” (Mzm. 20:10).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s