Hikmat dan Pertolongan dari Tuhan

Bacaan hari ini: Mazmur 34
“Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong.” (Mazmur 34:16)

Ketika menghadapi situasi sulit, pada umumnya kita mudah menjadi panik dan melakukan banyak kesalahan. Kemudian orang akan mencoba mencari solusi ke berbagai ahli psikologi untuk mengatasi kepanikan, agar berani menghadapi persoalan hidupnya. Usaha untuk menjadi berani dan berkonsultasi ke ahli psikologi bukanlah suatu tindakan dosa! Namun persoalan sesunguhnya bukan soal kejiwaan kita, melainkan masalah spiritual kita.

Ketika Daud berada di depan musuhnya, yaitu Abimelekh, atau yang disebut dengan nama Akhis (1Sam. 21:10-15), hatinya sangat takut dan gentar, sebab nyawanya sudah di ujung tanduk! Bagaimana jika kita berada pada posisi Daud? Mungkin kita sulit membayangkannya karena belum pernah mengalami. Namun dari pengalaman dan respons Daud terhadap situasi yang sulit itu, kita dapat belajar beberapa hal.

Pertama, marilah kita percaya bahwa orang benar tidak akan dibiarkan Allah menghadapi situasi yang sulit itu sendirian (ay. 2-15). Bahkan dengan rasa syukur, Daud mengatakan bahwa malaikat Tuhan berkemah di sekeli-ling orang benar! (ay. 8). Ungkapan Daud ini menunjukkan bahwa kepanikan akan sirna ketika kita menyadari penyertaan Tuhan dalam setiap langkah kehidupan kita.

Kedua, orang benar tidak akan kehilangan hikmat dan jalan keluar dari Allah yang akan melepaskan dan menuntun mereka menghadapi situasi sulit (ay. 16-23). Pengalaman Daud membuktikan bahwa Tuhan selalu melepaskannya dari kesulitan. Daud menyadari bahwa kemalangan orang benar itu banyak, tetapi jalan keluar yang diberikan-Nya juga banyak. Itulah sebabnya, Daud mendorong kita untuk tidak ragu akan penyertaan dan pertolongan Tuhan. Mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong. Jika Anda hari ini menghadapi situasi sulit, janganlah berubah setia kepada Tuhan. Mintalah hikmat dan berlakulah benar di hadapan-Nya, maka Ia akan membukakan jalan bagi Anda!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s