Kasih Setia Allah

Bacaan hari ini: Mazmur 36:1-13
“Betapa berharganya kasih setia-Mu, ya Allah! Anak-anak manusia berlindung dalam naungan sayap-Mu.” (Mazmur 36:8)

Bagian pertama firman Tuhan ini menyatakan tentang siapa itu orang fasik, yaitu mereka yang tidak takut pada Allah dan menyatakannya dalam kehidupan mereka. Mereka mengeluarkan perkataan yang buruk dan tipu daya dalam tindakan mereka. Mereka disebut sebagai orang yang jahat, karena kejahatan sudah menjadi bagian dari hidup mereka. Mereka tidak menolak kejahatan, bahkan sampai-sampai di atas tempat tidur pun, mereka sedang memikirkan dan merancang kejahatan. Orang fasik hidup bersandar kepada kemampuan dan kekuatan dirinya sendiri, dan mereka bisa berbuat sesuatu yang menekan orang lain yang dianggap lemah.

Bagian yang kedua adalah tentang orang-orang yang bersandar kepada Tuhan yang penuh kasih setia. Seseorang yang bersandar pada Tuhan akan hidup berdasarkan hukum-hukum Tuhan dalam hidupnya. Tuhan yang penuh kasih setia tidak akan meninggalkan mereka, yang hidup bersandar kepada Dia. Mereka juga tidak perlu takut akan bahaya dan ancaman yang datang dari orang-orang fasik. Mereka juga tidak perlu iri hati dengan kehidupan orang-orang fasik yang terlihat makmur, tetapi kebanyakan didapat dengan cara yang tidak benar. Mengapa demikian? Karena orang fasik akan dijatuhkan dan tidak dapat bangun lagi (ay. 13).

Oleh karena itu, mari kita belajar untuk hidup sebagai orang-orang yang takut akan Tuhan, orang-orang yang bersandar kepada Tuhan yang penuh kasih setia. Bagaimanakah caranya? Orang yang takut akan Tuhan tentunya tidak hidup semaunya sendiri, karena itu adalah hidup orang-orang fasik yang tidak takut akan Tuhan. Sebaliknya, orang yang takut akan Tuhan akan mencari kehendak Tuhan, apa yang menjadi hukum-hukum Tuhan dalam hidupnya, untuk dilakukannya. Dia tidak perlu iri hati terhadap orang fasik atau takut pada mereka, karena Tuhan yang penuh kasih setia akan memelihara dan melindungi hidupnya. Manakah jalan yang akan Anda tempuh? Pilihlah hidup takut akan Allah, maka Anda akan mengalami kasih setia-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s