Tuhan yang Mendengar

Bacaan hari ini: Mazmur 55:17-20
“Tetapi aku berseru kepada Allah, dan TUHAN akan menyelamatkan aku.” (Mazmur 55:17)

Hidup orang yang takut akan Tuhan, tidaklah mudah. Seringkali ketika menjalani hidup seperti itu, musuh justru berdatangan. Orang-orang yang membenci Tuhan akan memusuhi orang-orang yang takut Tuhan. Rupanya hal demikian bukanlah hal yang baru, sejak zaman Daud hal ini setidaknya pernah terjadi.

Daud di dalam bagian bacaan ini berseru kepada Tuhan agar Ia menyelamatkannya. Daud dikepung oleh musuhnya, yang adalah orang fasik yang membenci Tuhan (ay. 4). Daud tidak berdaya, takut, gentar, dan penuh dengan perasaan seram (ay. 6). Tapi dalam ketidakberdayaannya itu, Daud berseru kepada Tuhan. Ia yakin Tuhan akan menyelamatkannya.

Di dalam doanya, Daud bergumul dengan Tuhan (petang, pagi, dan tengah hari). Ini menunjukkan bahwa tekanan yang dialaminya bukanlah tekanan yang biasa-biasa saja, melainkan sungguh-sungguh melukai jiwanya. Ia tidak tahu harus apa dan bagaimana. Yang ia tahu hanyalah berharap kepada Tuhan yang mendengar setiap doanya. Ia yakin doanya didengar Tuhan, dan akan dijawab sesuai dengan waktu dan kehendak-Nya. Ia juga yakin bahwa Tuhan akan membebaskannya dari orang-orang yang tidak takut akan Allah (ay. 19-20).

Di sini kita belajar dari seorang Raja Daud. Seorang raja sekalipun, tidaklah bebas dari musuh yang mengancamnya dan membuat jiwanya tertekan. Namun di tengah situasi yang demikian, Daud menyerahkan segala problema dan tekanan jiwanya kepada Tuhan. Ia berseru kepada Tuhan dan yakin bahwa kelak Tuhan akan membebaskannya dari musuh-musuhnya.

Kita pun sebagai orang-orang Kristen terkadang dimusuhi oleh orang-orang yang belum percaya. Hal seperti itu tentu sangat menyulitkan dan memberatkan kita. Namun kita memiliki Tuhan yang hidup, Tuhan yang mendengar, dan Tuhan yang memberikan kelegaan serta membebaskan kita dari orang-orang yang tidak takut akan Dia. Berdoalah seperti Raja Daud berdoa!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s