Diberkati Agar Menjadi Berkat

acaan hari ini: Mazmur 67
“Kiranya Allah mengasihani kita dan memberkati kita, kiranya Ia menyinari kita dengan wajah-Nya … keselamatan-Mu di antara segala bangsa.” (Mazmur 67:2-3)

Mazmur ini merupakan nyanyian syukur kepada Allah atas segala berkat yang telah mereka terima (ay. 2). Permazmur bersyukur atas kehadiran Allah di dalam kehidupan mereka, bersyukur atas keselamatan yang Allah berikan (ay. 3), bersyukur atas keadilan yang Allah kerjakan di tengah-tengah mereka dan bangsa-bangsa (ay. 5), dan bersyukur atas hasil bumi yang telah mereka terima (ay. 7). Dalam bagian ini, Pemazmur bukan saja bersyukur atas berkat Tuhan, tetapi lebih dari itu, pemazmur mengajak kita agar menjadi berkat bagi orang lain atas segala berkat yang telah kita terima selama ini.

Ada banyak berkat Allah yang telah kita rasakan dalam kehidupan kita, sudahkah kita mengucap syukur kepada Allah atas semuanya itu? Apakah berkat yang sudah kita terima, telah memberkati orang lain juga, atau berhenti hanya untuk kita sendiri? Tidaklah demikian dengan pemazmur. Ia memohon agar Allah memberkati umat-Nya dengan tujuan agar melalui berkat yang mereka terima, bangsa-bangsa lain pun memperoleh berkat melalui mereka; jalan Allah dikenal di bumi dan keselamatan yang dari Allah juga dialami oleh segala bangsa. Seluruh bangsa bersyukur kepada Allah, bahkan segala suku bangsa bersukacita dan bersorak-sorai, karena Allah memerintah atas mereka dengan adil, dan Allah menuntun suku-suku bangsa di atas bumi di dalam jalan-Nya.

Boleh dikata, bahwa Mazmur ini juga bernada misi, yang mendorong kita untuk menyampaikan pesan tentang Allah bagi segala bangsa di dunia; di mana semua bangsa yang terhilang, yang berjalan di dalam kegelapan dan memerlukan terang, beroleh terang Allah. Allah menyinari mereka dengan wajah-Nya (ay. 2-3; 2Kor. 4:3-6); semua bangsa yang berduka karena dosa, boleh beroleh sukacita (ay. 4-5a); semua bangsa yang memerlukan kebenaran dan keadilan, beroleh kebenaran dan keadilan karena Allah yang memerintah atas mereka (ay. 5b); semua bangsa yang memerlukan kebutuhan hidup (ay. 6-8), beroleh berkat Allah. Tanah mereka menjadi subur dan memberikan hasil yang baik. Bagaimana diri Anda?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s