Keyakinan Akan Pertolongan Allah

Bacaan hari ini: Mazmur 71:17-19
“Ya Allah, Engkau telah mengajar aku sejak kecilku, dan sampai sekarang aku memberitakan perbuatan-Mu yang ajaib.” (Mazmur 71:17)

Dalam Mazmur seringkali diungkapkan tentang berbagai pergumulan hidup yang dialami oleh para pemazmur, termasuk Daud. Sejumlah Mazmur menggambarkan doa-doa yang dinaikkan kepada Allah dengan tujuan bahwa Allah akan segera menolong mereka dalam berbagai kesulitan dan pergumulan hidupnya. Kadang pemazmur mengungkapkan keputusasaannya, karena pertolongan Tuhan sepertinya lambat, namun ada juga keyakinan pemazmur akan pertolongan Allah, meskipun itu belum terjadi. Tentu hal ini menjadi menarik untuk direnungkan.

Bagian yang kita baca ini menunjukkan keyakinan pemazmur akan pertolongan Allah kepadanya. Pemazmur begitu yakin bahwa Allah akan menolongnya keluar dari pergumulan dan kesulitan yang dihadapinya.

(1) Pertolongan Allah dilakukan sejak dulu sampai yang akan datang (ay. 17-18). Pemazmur di dalam hal ini menunjukkan bahwa sejak dulu (waktu ia masih kecil) Allah telah melakukan perbuatan besar (menolong umat-Nya), dan sampai seterusnya (di masa yang akan datang) Allah tetap akan menolong umat-Nya. Mengapa demikian? Karena Allah setia dengan perjanjian-Nya kepada umat-Nya.

(2) Allah akan memberikan pertolongan-Nya pada masa kini (ay. 19). Ini adalah keyakinan pemazmur atas dasar bahwa Allah sejak dulu sampai seterusnya akan menolong umat-Nya. Keyakinan ini sekaligus menunjukkan adanya pengharapan yang terus-menerus di dalam Tuhan. Pemazmur tidak kecewa dan putus asa menghadapi pergumulan yang berat, karena ia yakin bahwa Allah akan memberikan pertolongan pada masa kini.

Seharusnya, kita orang Kristen masa kini belajar dari pemazmur, bagaimana ia yakin akan pertolongan Allah dalam hidupnya; karena sejak dulu sampai seterusnya, Allah akan menolong umat-Nya. Hal ini dilakukan-Nya, karena kita adalah umat-Nya. Oleh karena itu, di dalam menghadapi pergumulan dan kesulitan hidup seberat apapun, kita tidak boleh cepat putus asa dan kecewa kepada Allah, karena Ia akan memberikan pertolongan-Nya tepat pada waktu-Nya.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s