Memuji Memuliakan Allah

Bacaan hari ini: Mazmur 98
“… sebab Ia datang untuk menghakimi bumi. Ia akan menghakimi dunia dengan keadilan, dan bangsa-bangsa dengan kebenaran.” (Mazmur 98:9)

Saudara-saudarai sekalian, seberapakah kita mengenal aspek-aspek keselamatan yang Tuhan anugerahkan kepada kita? Keselamatan berbicara tentang karya Kristus di atas kayu salib untuk menebus dosa manusia, ini sangat benar. Namun, bila hanya sebatas ini pengenalan kita akan keselamatan, maka keselamatan hanya menjadi “cheap grace” atau anugerah murahan. Hal yang murahan tidak akan menimbulkan minat manusia untuk memuja atau meninggikannya.

Pemazmur justru sadar bahwa aspek keselamatan di dalam Tuhan tidak hanya meliputi keselamatan jiwa melalui karya Tuhan semata yang merupakan anugerah-Nya. Keselamatan juga meliputi aspek kekudusan Tuhan (ay. 1), keselamatan juga merupakan perwujudan keadialan-Nya (ay. 2) dan juga merupakan penggenapan janji kasih setia-Nya terhadap umat manusia (ay. 3). Kekudusan Tuhan, artinya umat yang ditebus oleh Tuhan wajib hidup dalam kekudusan yang sesuai dengan tuntutan Firman Tuhan. Keadilan Tuhan artinya Tuhan telah memenuhi aspek kasih-Nya terhadap manusia dengan kasih ilahi tanpa pamrih, maka Tuhan juga akan mengadili manusia dengan hukum-hukum-Nya yang adil, tanpa pandang perbedaan (Yoh. 3:17-18). Sekalipun umat percaya masih bisa jatuh di dalam dosa, dan mengecewakan/mendukakan Tuhan, Tuhan tetap setia, Ia dengan panjang sabar menyertai umat-Nya yang mau percaya, dan juga keselamatan-Nya terbuka bagi semua umat di dunia, tanpa kecuali. Karena pada akhirnya nanti, setiap orang (baik yang percaya atau tidak) akan mempertanggungjawabkan hidupnya di hadapan Tuhan. Tuhan ingin agar semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan yang benar akan keselamatan-Nya (2Tim. 2:4).

Itulah sebabnya pemazmur sangat antusias di dalam memuji Tuhan, ia memakai berbagai istilah untuk memuji dan meninggikan Tuhan, (nyanyikan nyanyian baru, bersorak-soraklah bagi Tuhan, bermazmurlah bagi Tuhan, biar semua ciptaan Tuhan dengan keunikan yang Tuhan ciptakan untuk memuji Tuhan). Bagaimana dengan kita? Masyhurkanlah Dia!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s